Hukuman Ice Breaking - Berkenalan

Hukuman ini, sangat cocok sekali untuk kegiatan pengenalan dalam suatu komunitas maupun sekolah. Atau biasanya disebut Masa Orientasi Siswa yang jika disingkat adalah MOS.

Dengan membuat sebuah [permainan] tertentu dengan sistem eliminasi, sehingga ketika mendapati ada yang kalah, maka ia diwajibkan untuk melakukan perkenalan di depan anak-anak yang lainnya.

HUKUMAN ICE BREAKING-  BERKENALAN

Hukuman Ice Breaking - Berkenalan
Sumbere ilustrasi : ceritakehidupanendog

Penerapan Hukuman 

Karena ini merupakan hukuman, jadi penerapannya juga berbeda dengan berkenalan pada umumnya. Yakni dengan cara seperti berikut:

  1. Peserta yang KALAH dari sebuah permainan diatas, DIWAJIBKAN untuk memilih SATU orang untuk diajaknya kedepan. Bisa sesama jensi, tapi agar hukuman lebih seru, bisa menunjuk lawan jenisnya.
  2. Hukuman ini adalah mewajibkan yang KALAH adalah orang yang mengenalkan diri, kepada orang yang telah di tunjuknya.
  3. Peserta yang KALAH tersebut, diwajibkan menyampaikan sedikitnya lima point tentang dirinya. Dan peserta yang telah di tunjuknya HARUS bisa mengenalnya dengan mengulangi apa yang telah disampaikan si KALAH.
  4. Jika peserta yang ditunjuk ternyata salah menyebutkan point yang disampaikan oleh si KALAH, maka si KALAH tetap berdiri disitu dan mencari peserta lainnya.
  5. Sedangkan orang yang ditunjuk tersebut, juga terkena hukuman dan diwajibkan menjalani hukuman seperti si KALAH. Namun jumlah point untuk mengenalkan dirinya, sesuai dengan jumlah point yang tidak dia ingat dari yang disampaikan oleh si KALAH.
  6. Begitu seterusnya, sampai si KALAH bisa memperkenalkan diri dengan baik, dan yang di TUNJUK pun juga dapat mengingat point yang di sampaikan oleh si KALAH.

==
(update : 09 November 2019)

Versi lain dari hukuman berkenalan

Terinspirasi dari pengalaman saat berada di organinasi Saka Bhayangkara. Mungkin kenalan seperti ini bisa diterapkan ke organisasi tempat kalian bernaung.
  1. Berkenalan dengan 5 (lima) orang dalam angkatannya.
  2. Berkenalan dengan 1 (satu) angkatan diatasnya, sebanyak 5 (lima) orang.
  3. Berkenalan dengan 1 (satu) angkatan diatasnya, sebanyak 5 (lima) orang, yang 2 (dua) diantaranya adalah lawan jenis.
  4. Berkenalan dengan kakak  3 (Tiga) angkatan diatasnya, masing-masing 1 (Satu) orang disetiap angkatannya.
  5. Berkenalan dengan kakak  3 (Tiga) angkatan diatasnya, masing-masing 1 (Satu) orang disetiap angkatannya. dan diwajibkan dengan lawan jenisnya.
  6. dan seterusnya. Bisa kamu modifikasi sendiri.

Tujuan diri Hukuman ini

Tentunya ini adalah teknik peng-akrab-an yang sempurna dengan dalih hukuman. Karena jika diminta untuk berkenala tanpa adanya basa-basi, sepertinya akan membosankan.

Hal tersebut akan merusak moment dari perkenalan itu sendiri tanpa adanya kesan yang mendalam.

0 Response to "Hukuman Ice Breaking - Berkenalan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel