Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi

Hallo Bro. Aku ingin memberikan alternatif tambahan untuk kamu yang ingin ke kota Jogja untuk meng- eksplore wisatanya. Beruntungnya, wisata - wisata yang ada di Jogja, cenderung lebih terjangkau dari sisi jarak maupun biayanya.

Wisata Candi Jogja, mungkin satu dari alternatif lain yang bisa kamu pakai saat piknik ke Kota Jogja.

" WISATA CANDI JOGJA "

Candi Prambanan

Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi
Candi Prambanan | Sumber Gambar : riaupos.co
Candi Prambanan, merupakan Komplek Candi Hindu terbesar se-Indonesia. Candi Prambanan, berada di wilayah DIY bagian paling timur. Di Wilayah Kecamatan Prambanan.

Dengan lokasi tersebut, bagi para pelancong domestik yang berasalah dari timur, akan hendak liburan ke Jogja dan sekitarnya, biasanya  menjadikan candi Prambanan sebagai destinasi pertamanya.

Wisata Candi Jogja, menempatkan Candi Prambanan sebagai destinasi pertama yang wajib kamu datangi karena kendahan bangunan dan legenda atau cerita di balik pembuatannya.

Secara pribadi, saya tidak menyarankan melakukan wisata candi jogja ke Candi Prambanan pada musim liburan. Karena tentunya, jumlah pengunjung akan jauh lebih banyak. Sehingga, akan membuat kamu tidak maksimal menikmati keindahan bangunan - bangunan yang konon berjumlah lebih dari seratus candi ini.

Tiket masuk ke Candi Prambanan, memang selalu ada perubahan tiap tahunnya. Tapi percayalah, jumlah anggaran yang kamu keluarkan untuk membeli tiket masuk ke Candi Prambanan, yang masuk kedalam wisata candi jogja ini tidak akan pernah kamu sesali.

Candi Boko

Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi
Wisata Candi Jogja - Candi Ratu Boko | Sumber Foto : IG = @Rahadian_Jati
Lokasi Candi Boko, berdekatan dengan Candi Prambanan. Tepatnya disebelah selatannya/ Mungkin hanya berjarak 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan motor.

Dalam wisata candi jogja, Destinasi Candi Boko sepertinya akan sangat disayangkan bila dilewatkan. Terlebih sebelumnya mengunjungi terlebih dahulu  Candi Prambanan.

Waktu yang pas untuk berkunjung kesini adalah ketika [anbu]senja menjelang. Karena sunset yang indah serta angin semilir pegunungan.

Candi Ijo

Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi
Wisata Candi Ijo [Doc.@Edison

Candi yang berada di ketinggian selain candi boko. Yakni candi Ijo.

Secara Geografis, Candi Ijo memang berada di sebuah perbukitan dimana warga setempat menyebutnya Gunung Ijo.

Lokasi Candi Ijo sendiri berada tidak jauh dari Candi RatuBoko. Kurang lebih berjarak sekitar 30 menit ke arah selatan.

Meskipun sama halnya dengan Candi Boko, yang sama-sama di atas ketinggian dimana kita harus menapaki tangga untuk sampai lokasi candinya. Namun Candi Ijo jauh lebih tinggi. Hanya saja, dari parkiran menuju ke candi nya sangat lah dekat. Nyaris bersebelahan malah.

Sejujurnya, aku terakhir kesini sangaaaaat lama sekali. Jika dihitung sejak aku membuat artikel ini, kurang lebih hampir lima tahun lamanya.

Namun, ingin aku sampaikan suasananya pada saat itu. Sepi, Sejuk, Santai, Senang,

Sepi, karena tidak seperti sekarang yang ketika terdapat suatu foto yang menarik, netizen berbondong-bondong ke tempat tersebut tanpa mencari tahu informasi sebelumnya.

Sejuk, karena berada di atas ketinggian. Angin bukit yang berhembus dari berbagai sisi dengan membelakangi sinar matahari. Dulu bahkan aku pernah ketiduran saking sepinya.

Santai, karena aku tidak khawatir dengan orang yang setiap kali aku kesana hanya ada beberapa saja.

Senang, karena keinginanku untuk menyendiri, menikmati angin bukit, dan ketenangan yang bisa aku dapat setelah berkutat dengan aktifitas kota terluapkan.

Oh iya. Aku menyarankan jika ingin berkunjung kesini, datangnya ketika menjelas [anbu] senja. Meskipun sekarang sedikit sesak, namun pemandangan sunsetnya tidak kalah cantik daripada di candi ratu boko.

Candi Kalasan

Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi
Wisata candi Kalasan [doc ig @dimas_hy]
Searah menuju pusat kota Jogja jika dihitung dari Candi Prambanan. Terletak disisi kiri jalan agak kedalam. Sekilas, bisa terlihat dari jalan Jogja-Solo.

Berjarak kurang dari satu kilometer dari Candi Prambanan ke arah barat.

Candi Boko, merupakan candi yang berdiri sendiri. Tidak ada bangunan candi yang menyerupai disekitarnya. Dan berada ditengah pemukiman warga.

Tidak seperti candi-candi yang aku ulas diatas. Candi Kalasan memang terkesan membosankan. Terkesan tidak menarik, dan kurangnya daya tarik.

Aku setuju dengan itu, karena tidak spot foto yang bisa menarik peminat netizen untuk berkunjung ke media sosial kita. Setidaknya itulah anggapan daripada anak-anak muda sekarang. Mengunjungi ke suatu situs, dengan kedok mencintai budaya Indonesia, padahal hanya ingin memamerkan foto-foto dengan caption tak berguna ke media sosial mereka.

Namun, pendapat setiap orang bisa berbeda.

Jika tidak percaya, silahkan datang ke sini dan membuktikannya sendiri.

Candi Sambisari

Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi
Wisata Candi Sambisari [Doc. IG : @eksotika_jogja]
Berseberangan dengan candi kalasan diatas. Candi Sambisari berada di jalur sisi kanan jika dari Candi Prambanan. Menuju ke utara dari Jalan Solo - Jogja.

Dari Candi Prambanan, kurang lebih 20 menit ke arah barat dengan memotong jalan.

Berlokasi di desa Sambisari. Tidak seperti saat pertama kali aku berkunjung ke sini pada tahun 2010. Begitu banyak perubahan disana. Yang paling mencolok adalah akses menuju ke Candi Sambisari.

Begitu mudah dan juga nyaman.

Keunikan Candi Sari adalah berada di cekungan. Berada di beberapa meter di permukaan tanah di sekililingnya.

Jika Candi Ratu Boko dan Candi Ijo mengharuskan naik terlebih dahulu supaya mencapai candinya, maka di Candi Sambisari kamu diharuskan turun terlebih dahulu.

Jika aku boleh menyarankan, datangnya kesini ketika senja untuk menghindari sengatan matahari yang tak terkira.

Dan, pergantian musim antara musim penghujan menuju ke musim kemarau. Karena  kamu akan mendapati pemandangan seperti diatas. Warna hijau yang menyejukan.

Candi Banyunibo

Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi

Nyaris tidak ada yang mengenal candi ini karena lokasinya yang jauh dari jalan raya. Candi Banyunibo berada di antara pemukiman warga.

Seperti halnya candi kalasan. Terkesan tidak menarik dan kurangnya daya tarik. Tapi, bagi yang memahami filosofi budaya dengan arsitektur-arsitekturnya, sepertinya tidak akan melewatkan kesempatan untuk mendatangi candi ini.

Kamu hanya cukup memasukan tiket dengan sukarela saja. Dan tentunya biaya parkir kendaraanmu.

Candi Sojiwan

Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi

Candi ini memang tidak seterkenal dengan candi yang berdekatan dengannya. Seperti candi Prambanan dan juga candi Ratu Boko.

Namun sepertinya, candi perlu kamu masukan kedalam daftar wisata candi yang ingin kamu kunjungi ketika berkunjung ke jogja.

Kenapa aku merekomendasikannya, karena candi ini berdekatan sekali dengan candi Prambanan. dan untuk tiket masuknya sendiri masih sukarela yang masuk kedalam kas desa setempat.

Selain daripada itu, pemandangannya yang menyejukan bisa mengobati rasa lelah bagi kamu pelancong dari luar daerah Jogja.

***

Sebenarnya, wisata candi di Jogja itu banyak. Apalagi jika ditambah dengan wisata situs. Kamu mungkin tidak akan merampungkan dalam sehari saking banyaknya.

Tapi tidak perlu khawatir, mereka tidak berpindah kok. Jadi luangkan waktu lain kali untuk bisa mengunjunginya kembali.

Jadi selamat berwisata broh!

0 Response to "Wisata Candi Jogja Yang Patut Kamu Kunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel