Permainan - SAMPAIKAN PESAN

Ilustrasi Sumber Foto : sumsel.kemenag.go.id

Hoax, biasanya terjadi karena informasi yang kurang lengkap. Dan ditambahi dengan informasi-informasi yang tidak perlu, sehingga informasi menjadi tidak lagi original dan cenderung berkembang.

Itu lah yang sering terjadi dijaman sekarang. Dimana kabar hoax masih saja menjadi topik pembicaraan yang tidak pernah bosan untuk dibahas.

Permainan - SAMPAIKAN PESAN ini, mungkin cukup menunjukan cara kerja dari informasi yang mengandung hoax tersebut.


Permainan - SAMPAIKAN PESAN

Aturan Permainan - Sampaikan Pesan

  1. Peserta terdiri lebih dari lima orang yang memanjang kebelakang dengan membelakangi instruktur.
  2. Satu peserta akan menerima pesan dari instruktur dan menyampaikan ke peserta yang ada dibelakangta dengan cara berbalik
  3. Peserta pemberi pesan, harus menyampaikan dengan gerakan mulut (seperti orang tunawicara),
  4. Dan terus berlanjut sampai pada peserta terakhir,
  5. Peserta terakhir diminta menyuarakan pesan tersebut dengan lantang.
  6. Instruktur memberikan pesan rumit dengan menyampaikan kepada peserta didepannya dengan cara berbisik (atau variasi lainnya adalah dengan memakai tulisan) CONTOH PESAN ; "umar menemukan gambar ular di belakang kamar"

Cara Permainan - sampaikan pesan

  1. Instruktur berada di depan para peserta.
  2. Peserta membentuk barisan berbanjar kebelakang dengan membelakangi instruktur,
  3. Satu peserta yang berada didepan instruktur adalah yang bertugas menerima pesan, yang akan disampaikan ke rekan rekan dibelakangnya,
  4. Instruktur memberikan pesan tersebut dengan tulisan, kemudian dibaca dan dihafalkan oleh peserta penerima pesan,
  5. Penerima pesan, menyampaikan pesan tersebut ke peserta yang ada dibaliknya dengan cara menepuk pundaknya,
  6. Penerima sekaligus penghantar pesan, menyampaikan pesan tersebut dengan gerakan bibirnya. TIDAK BOLEH BERSUARA,
  7. Penyampaian pesan sampai ke peserta terakhir, diberi waktu kurang lebih 1-2 menit,
  8. Peserta terakhir atau penerima pesan terakhir, menyuarakan pesan tersebut dengan lantang.
Karena penyampaian pesan diberikan dengan menggunakan gerakan bibir, kemungkinan besar pesan yang dimaksud tidak sesuai dengan pesan pertama, dimana penerima pesan terakhir yang akan meneriakkannya.

Dengan kesalahan tersebut, nanti akan ada sesi perdebatan yang terjadi secara mendadak pada kelompok tersebut. Tentunya akan membuat permainan ini semakin ramai dan seru.

Perdebatan kecil yang akan membuat salah satu dari anggota kelompok yang berinisiatif untuk menjadi yang pertama, karena ada perasaa greget yang tak tersampaikan. Hahaha.

Tujuan Permainan - sampaikan pesan

  1. Yang adalah untuk menunjukan, bagaimana proses terjadi nya kabar hoax yang meresahkan,
  2. Memancing inisiatif peserta untuk menjadi penerima pesan pertama dengan harapan bahwa pesan bisa tersampaikan dengan baik,
  3. Membiasakan untuk memperhatikan pesan dengan seksama, dan sekaligus menyampaikan pesan dengan seksana agar pesan bisa disampaikan dengan baik,

Contoh Pesan yang bisa digunakan pada permainan - sampaikan pesan

  1. Umar menemukan gambar ular di belakang kamar,
  2. Alis menangis karena kejedot tralis pada pelipis,
  3. Afgan buka kalengan di depan pintu kontrakan,
  4. Aing adalah nama kucing yang berani sama anjing
  5. Tejo mangan telo nang sanding segoro

0 Response to "Permainan - SAMPAIKAN PESAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel