Permainan - SAMBUNG KATA (VARIASI)

Permainan yang bisa dipakai untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja sampai untuk kalangan dewasa. Tentunya kesulitan disetiap kalangan pasti beda dalam permainannya namun cara mainnya tetap sama.

Baiklah, mari disimak aturan serta cara permainannya

PERMAINAN - SAMBUNG KATA

permainan - sambung kata





Ikhtisar

Permainan sambung kata ini sebenarnya merupakan permainan wawasan. Karena cara melakukan permainan ini tergantung sampai mana wawasan para peserta miliki.

Semakin luas wawasan maka semakin mudah mengikuti cara permainan. Namun itu semua bukanlah jaminan peserta akan memenangkan permainan.

Permainan ini saya dapat ketika kegiatan  Masa Orientasi Siswa Saka Bhayangkara Kwartir Parang Kwarcab Magetan. Tapi saya tidak bisa mengakusisi bahwa pencipta permainan ini adalah saya karena begitulah permainan, yang bisa di variasi sesuai kondisi.

Aturan Permainan - Sambung Kata

  1. Aturan permainan sambung kata ini, sangat lah mudah.
  2. Peserta hanya meneruskan kata, dari peserta sebelumnya.
  3. Contoh : kata pertama yang dipakai adalah kuDA (lalu dilanjutkan oleh peserta lainnya) DAMAI (dilanjutkan dengan peserta disampingnya) MAIKONG (dan seterusnya)
  4. Untuk lebih adilnya, kata pertama dimulai dari instruktur permainan,
  5. Waktu untuk melanjutkan kata setiap peserta paling lama adalah 2 detik.
  6. Level permainan sambung kata ini bisa ditingkatkan, mulai dengan wawasan secara umum sampai yang paling sulit yaitu wawasan dalam bidang tertentu
  7. Jika permainan ini  dalam bentuk tim, paramater kemenangan adalah dengan sedikitnya kata yang TIDAK NYAMBUNG dengan kata yang di ucapkan sebelumnya dalam durasi waktu yang sudah di sepakati.
  8. Jika permainan ini dalam bentuk perorangan, maka setiap peserta yang sambungan kata nya tidak masuk akal adalah yang kalah.
  9. Bila mengulangi kata yang dipakai ternyata sama dengan yang pernah dipakai oleh peserta lain, maka dianggap tidak sah.

Permainan SAMBUNG KATA - versi 1

  1. Peserta membentuk lingkaran. Besar lingkaran disesuai dengan jumlah peserta yang ada. Namun akan lebih baik jika disesuaikan karena jika jumlahnya terlalu sedikit tidak akan membuat seru, tapi jika jumlahnya terlalu banyak akan memakan waktu lebih lama.
  2. Posisi instruktur dalam memberikan instruksi, bisa dimana saja asal instruksi yang disampaikan ke peserta bisa di dengar dengan jelas. Jadi bisa di dalam lingkaran, bisa juga di luar lingkaran,
  3. Sebelum permainan dimulai, ada baiknya menyampaikan level permainan terlebih dahulu. Seperti yang sudah di sampaikan pada Aturan Permainan pada nomor 5 diatas. Mulai dengan level paling ringan yaitu wawasan tentengan pengetahuan umum, kemudian di lanjutkan dengan level yang lebih berat yakni wawasan tentang pengetahuan tertentu, misal hewan, bunga, gunung, nama pria, nama wanita, dst.
  4. Dan buat kesepakatan, bahwa permainan ini berjalan (bersambung) searah putaran jarum jam (atau sebaliknya),
  5. Setelah mendapati kesepakatan, agar lebih adil maka kata pertama diawali oleh instruktur permainan.
  6. Kata kedua sebagai sambungan dari kata.

Permainan sambung kata diatas, bisa di modifikasi dengan cara sebagai berikut;
  • Jeda waktu untuk melanjutkan kata bisa dipersingkat. menjadi 1 detik.
  • Bila sebelumnya berjalan secara konstan searah jarum jam, maka bisa di variasikan dengan cara RANDOM. CONTOH : Pada putaran ke 5 sambung kata, instruktur berteriak STOP. Lalu putaran ke 6 disambung oleh instruktur, dan instruktur akan  menunjuk peserta secara random untuk menyambung kata terebut
  • Menyambung kata dengan berteriak, sembali menepuk tangan peserta di sampingnya. Hal tersebut tentunya akan lebih seru dan juga ramai. 
Versi kedua dalam permainan " Sambung Kata " ialah dengan meneruskan 1 huruf terakhir yang disebutkan oleh peserta sebelumnya. Versi ini bisa menjadi lebih mudah jika kata yang disebutkan adalah kategoru secara umum. Banyak sekali kosakat yang bisa di pakai didalamnya.
  1. CONTOH  pada versi kedua ini, jika dikategori secara umum. KudA - AriT - TimaH - HajI - IkaN - NakaL - LambunG - dst.
  2. CONTOH jika di kategori kan pada nama hewan : GajaH - HarimaU - UlaR - RakuN - NilA - AngsA - AyaM - Dst.
  3. CONTOH jika di kategori kan pada nama cowok : DikA - AguS - SuliS - SupardjO - OkaN - NayakA - Amrul - Dst.
  4. CONTOH jika di kategori kan pada nama cewek : SintA - AmI - InggiT - TarI - ImA - AntI - dst
  5. CONTOH jika di kategori kan pada nama  kota : MagetaN - NaritA - AmboN - dst.
Pada versi ini mungkin terlihat sangat mudah, tapi akan menjadi semakin sulit jika kategorinya di persempit. Seperti contoh diatas. Diambil 1 huruf terakhir, akan membuat peserta akan bingung jika kata awal dan terakhir selalu di ulangi.

Misalkan saja dalam kategori umum : IntaN - NantI - IkaN - NarI - ImuN - NurI - IjiN - Dst. Atau jika peserta nya berantusias dalam permainan ini, bisa saja mereka berimprove dengan membuat kata yang menarik dan seru. Contohnya : AngkasA - AngsA - AdA - AsA - AlA - Dst.

Permainan SAMBUNG KATA - versi 3

Untuk permainan sambung kata versi ketiga ini, mungkin akan lebih masuk akal. Karena menyambung katanya dengan satu kata penuh dan harus disambung dengan kata yang lebih masuk akal.

Contoh permainan sambung kata versi ketiga ini adalah seperti ini. Andi - Sedang - Makan - Dengan - Sambal - Matang - Yang - Pedas - Sekali - Sehingga - Dia - Kepanasan - Sambil - Guling2 - Di - Semak2 - Bersama - Bapak - Ibuk - Juga - Adek2nya - Seperti - Budi - Wati - Jingga - dst.

😂

Di versi ketiga ini, saya tiba-tiba ngakak kalau membayangkanya. Wkwkwwk. Bisa saja, permainan sambung kata versi ketiga ini yang paling seru jika di lakukan.

Aturannya pun juga masih sama. Yakni tidak mengulangi kata yang sama. Sehingga kata - kata yang dipakai nanti akan membuat kalimat yang nyeleneh jika diperdengarkan karena kaliman tersebut tidak ada kata yang sama.

Permaian sambung kata versi ini SANGAT COCOK untuk permainan battle antar tim.

Tujuan Permaian

  1. Mampu memperbanyak kosakota para peserta,
  2. Mengatur strategi dengan membuat kata yang masuk akal tapi tidak mudah di lanjutkan oleh peserta disampingnya


***
Gimana, mudah bukan. Akan terus saya update jika ada variasi yang bisa diterapkan dalam permainan ini. Silahkan mencoba dan mempraktekkan dan kawan-kawan kamu ya.

Referensi Game :

0 Response to "Permainan - SAMBUNG KATA (VARIASI)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel