Permainan - IKUTI APA YANG SAYA KATAKAN

Permainan - IKUTI APA YANG SAYA KATAKAN

Permainan IKUTI APA YANG SAYA KATAKAN INI, merupakan permainan logika seperti halnya permainan - DENGARKAN APA YANG SAYA KATAKAN, yang lebih seru jika dilakukan dalam jumlah orang terbatas.

Permainan ini juga sempat membuat saya kesal dibuatnya. Karena notabenya, saya bukanlah tipe orang yang benar-benar logis dalam berfikir. Dan karena permainan-permainan seperti inilah, logika saya mulai berkembang.

Oke, langsung saja saya beritahu cara mainnya ya.





Aturan Bermain ;

  1. Kurang lebih, hampir sama dengan permainan ini, karena hampir mengandalkan logika.
  2. Seperti biasa, sebelum permainan dimulai, sampaikan nama permainan ini dengan lantang dan keras, "IKUTI APA YANG SAYA KATAKAN" tapi yang perlu diwaspadai adalah, jangan berkali-kali mengulang nama judulnya, karena bisa saja peserta atau teman kamu mulai menyadari.
  3. Instrukur menggunakan tangan atau sesuatu benda yang tujuannya adalah mengecoh. Misalkan saja adalah memakai jari tangan.
  4. Kemudian instruktur mengucapkan sebuah kata (Bisa menggunakan nama hewan, nama bunga, nama mantan, eh.), kemudian diikuti oleh para peserta dengan mangatakan kata yang sama seperti disampaikan oleh Instruktur.
  5. Jangan terlalu sering mengulangi nama permaiannnya. Itu yang perlu dilakukan, karena itu penting.

Cara Bermain ;

  1. Kumpulkan peserta atau teman kamu, lalu suruh duduk santai agar rileks. Boleh melingkar, boleh juga duduk sembarangan asal rapi.
  2. Lalu sampaikan bahwa instruktur akan memainkan sebuah permainan. Tapi yang perlu diwaspadai, jangan terlalu sering mengulangi nama permainannya, pun juga jangan memancing peserta untuk fokus ke nama permainannya.
  3. Bicaralah sesuatu, dimana peserta akhirnya fokus ke dalam obrolan itu, sehingga sesaat mereka lupa dengan nama permainannya.
  4. Setelah menyampaikan nama permainanya, mulailah permainan dengan menyebut suatu objek (Contoh : Nama Hewan) sembari menunjuk jari-jari kamu sebagai pengecoh, yang mulai dari Jari Ibu sampai ke Jari Kelingking. Misalnya saja "KUCING KUCING - TIKUS KUCING TIKUS".
  5. Saat menunjuk jari ibu, instruktur bilang "KUCING" - (tanpa ada awalan INI, YANG INI, KALAU YANG INI lho ya) dan diikuti oleh para peserta mengatakan kata yang sama secara serentak.
  6. lalu saat menujuk jari telunjuk, instruktur bilang "KUCING" diikuti peserta secara serentak.
  7. Dan seterusnya, sampai ke Jari Kelingking dengan bilang "TIKUS",
  8. Lalu diamlah sejenak, amati ekspresi para peserta kamu. Agar TERKESAN instruktur memberi kesampatan kepada peserta.
  9. Kemudian lanjutkan dengan memakai konotasi bertanya "ADA BERAPA KUCING?"
  10. Maka secara serentak, para peserta akan berteriak "tiga!!"
  11. ...
  12. Semuanya akan merasa sudah benar dalam menjawabnya, karena jika dihitung jumlah kucing dalam bilangan tersebut memang berjumlah tiga. Tapi inti permainan ini bukan BERHITUNG melainkan "IKUTI APA YANG SAYA KATAKAN" yang dalam definisi sederhana, ikut setiap kata yang disampaikan oleh instruktur.
  13. Jadi jika peserta berteriak tiga!!, maka salah. Karena jawaban yang benar adalah "ada berapa kucing?" seperti kata instruktur paling terakhir
  14. Sampai sini paham kan ya ... 😂
  15. ...
  16. Ulangi lagi instruksinya, tanpa mengulangi nama permainannya (Jangan dulu).
  17. Lakukan hal yang sama, tapi berbeda "Jumlah" objeknya. Misalnya "KUCING - TIKUS - KUCING - KUCING - TIKUS"
  18. dikata terakhir, tetap katakan "ADA BERAPA KUCING?" dengan menggunakan konotasi bertanya.
  19. Jika peserta masih mengatakan "Tiga!!". Beritahu nama permainan sekali saja.
  20. ...
  21. Lanjutkan permainan dengan mengganti objek yang berbeda.
Permainan ini akan membuat suasana akan menjadi panas. Karena si peserta atau teman kamu yang sedang kamu mulai jengkel. Namun mendadak akan menjadi ramai dan seru ketika ada yang menyadari sesuatu.

Beri kode yang sudah merasa tahu, dan teruskna permainan sampai para peserta lelah menjawabnya.

***

Bagaimana, cukup mudah bukan. Jika ada pertanyaan silahka



0 Response to "Permainan - IKUTI APA YANG SAYA KATAKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel