Permainan - DENGARKAN APA YANG SAYA KATAKAN

Permainan - DENGARKAN APA YANG SAYA KATAKAN
Ilustrasi Tangan saya 😂


Permainan - INI, YANG INI, dan KALAU YANG INI

Saat pertama kali saya dikasih permainan ini. Membuat saya sangat kesal. Sungguh-sungguh bikin kesal dan selalu terlontar pertanyaan yang sama, "KOK BISA?!" , sampai akhirnya saya mengetahui jawaban serta cara mainnya sampai spontan membuat saya ngakak. Se-pekok itu kah saya.... 😂

Ini adalah permainan logika sebenarnya. Dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam permainan ini berada tepat didepan hidung kamu.

Permainan logika seperti ini, biasanya suka sekali bermain kata-kata. Kata yang disusun sedemkian rupa sehingga membuat orang yang notabe-nya kesulitan dalam konsentrasi dan juga fokus, kemungkinan besar bakal kebingungan.



Biasanya saya menggunakan "DENGAR APA YANG SAYA SAMPAIKAN" sebagai judul permainan ini.

Jadi, peserta atau teman kamu yang berencana ingin kamu buat kesal, sebenarnya cukup mendengarkan apa yang kamu sampaikan saja. Dan kata kunci dari permainan ini hanya pada kata INI - YANG INI, dan KALAU YANG INI.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini :

Aturan mainnya :

  1. Buatlah rumus kamu sendiri, bisa menggunakan kata apapun yang kamu suka. Bisa nama orang, nama hewan, nama bunga atau nama siapapun. Kecuali nama mantan teman kamu lho ya. 😂
  2. Dalam konteks ini, saya akan mencontohkan nama gunung saja ya. Jadi nama gunung yang saya pakai disini adalah Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet (Saya memakai nama gunung-gunung ini karena semuanya berawal huruf S, sebagaimana Triple S Jawa Tengah, yang mungkin akan membuat orang yang ingin saya kerjain bakal gagal fokus 😁)
  3. Ingat, nama ini bisa kamu susun sendiri, atau teman kamu yang sendiri yang merekomendasikan nama-nama tersebut biar terkesan lebih fair. Sebenarnya itu bukan suatu masalah, karena inti permainan yang sebenarnya bukan dari nama-nama tersebut, melainkan hanya fokus kepada kata INI - YANG INI - KALAU YANG INI. Karena nama tersebut hanya sebuah kamuflase untuk menutupi permainan yang sebenarnya.
  4. Sebelum kamu memulai permainan ini, wajib hukumnya untuk menyampaikan nama permainan ini. yaitu "DENGARKAN APA YANG SAYA KATAKAN".  Hal tersebut dilakukan karena sebagai alibi kamu sendiri jika teman kamu ada yang kesal dengan permainan.
  5. Lalu, langkah pertama tunjukan ketiga jari kamu (semisal Jari Telunjuk, Jari tengah, dan Jari Manis). Jari ini bisa kamu modifikasi sendiri sesuai keadaan kok. Contohnya saja kalau kamu menggunakan kata hewan, dengan mengibaratkan Ibu Jari kamu sebagai Gajah - Jari Kelingking kamu ibaratkan sebagai semut - dan jari tengah, kamu ibaratkan sebagai Jerapah). Nama ini, hanya kamuflase saja ya, ingat!
  6. Sebagaimana point 5, dalam contoh ini saya akan memakain jari telunjuk, tengah, dan jari manis saja.

Cara Bermainnya :

Awal Permainan

  1. Sampaikan bahwa permainan ini adalah "DENGARKAN APA YANG SAYA KATAKAN". Kebanyakan atau sebagai besar orang tidak peduli dengan judul permainannya.
  2. Semisal kamu pakai tangan kiri, tunjuk satu persatu jari yang akan di pakai, sebagaimana point 6 pada "Aturan Main" diatas.
  3. Tunjuk jari telunjuk sembari mengatakan :"INI = Gunung Sumbing"
  4. Tunjuk jari tengah sembari mengatakan : "YANG INI = gunung Sindoro"
  5. Tunjuk jari manis sembari mengatakn" "KALAU YANG INI = gunung Slamet"
  6. Kemudian minta teman kamu menjawab pertanyaan kamu sambil menunjuk jari telunjuk sembari mengatakan : " INI"
  7. Jika teman kamu menjawab "Gunung Sumbing", Jawab saja = BENAR. (Lihat point 3 diatas).
  8. Lalu kamu melanjutkan permainan dengan menunjuk jari tengah sembari mengatakan "YANG INI?"
  9. Bila teman kamu menjawab "Gunung Sindoro", Jawab saja = BENAR (Lihat point 4 diatas).
  10. Permainan masih sama, tunjuk jari kelingking dengan mengatakan "KALAU YANG INI?" Maka spontan teman kamu akan menjawab "Gunung Slamet". Jawab = BENAR. Pada point ini, teman kamu sudah merasa mulai paham dengan cara permainannya. Padahal, permainan yang sebenarnya baru saja dimulai. 😂

Permainan Yang Sebenarnya

  1. Sebagaiman pada point 10 di "Awal Perminan" diatas, teman kamu sudah mulai merasa paham dengan aturan mainnya, padahal itu hanyalah permulaan dimana tujuan sebenarnya adalah untuk mengecoh saja.
  2. Permainan kamu lanjutkan dengan cara yang sama seperti 6, 8 dan 10 diatas. Pertanyaan sama, menggunakan kata INI, YANG INI & KALAU YANG INI.
  3. YANG MEMBEDAKAN adalah saat menujuk jarinya. !!!
  4. Ketika kamu menunjuk Jari Tengah (Dimana sepahaman teman kamu -itu- adalah gunung sindoro), dengan bertanya sembari mengatakan INI?. Maka spontan teman kamu akan menjawab "Gunung Sindoro". jawab = SALAH, karena jawaban yang benar adalah Gunung Sumbing. (Lihat No. 3 di "Awal Permainan" diatas).
  5. Lalu tunjuk Jari Manis (Dimana sepahaman teman kamu -itu- adalah Gunung Slamet) sembari mengatakan YANG INI?. Maka teman kamu secara spontan akan mengatakan "Gunung Slamet". Jawab = SALAH. Karena jawab yang benar adalah Gunung Sumbing.  (Lihat No. 4 di "Awal Permainan" diatas). Disini, mungkin teman kamu akan sedikit mulai kesal, tapi sepertinya bisa tertahankan. 😂
  6. Teruskan permainan kamu. Tunjuk Jari Telunjuk kamu (Dimana sepahaman teman kamu -itu- adalah Gunung Sindoro) sembari mengatakan KALAU YANG INI?. Secara spontan dan agar keras suaranya, mungkin teman kamu bakal bilang "Gunung Sindoro". Jawaban = SALAH. Karena jawaban yang benar adalah Gunung Slamet. (Lihat No. 4 di "Awal Permainan" diatas). Mungkin sampai sini teman kamu sudah mulai kesal dengan jawaban yang awalnya sudah merasa paham, ternyata salah terus dalam menjawab di pertanyaan selanjutnya. 😂😂
  7. Jika kondisi emosional teman kamu hanyalah emosi yang menghibur, maka teruskanlah permainan ini sampai teman kamu benar-benar kesal.
  8. Bila keadaan emosional teman kamu sanngat membahayakan, segera sudah saja.

Inti Permainannya

  1. Ini permainan ini adalah hanya mengacu pada kata INI = (Gunung Sumbing), YANG INI = (Gunung Sindoro) & KALAU YANG INI = (Gunung Slamet) saja.
  2. Jadi, jari manapun yang ditunjuk, bila saat menunjuk jari tengah kamu mengatakan INI, maka jawabannya adalah Gunung Sumbing. Sama saja, jika kamu menujuk jari Telunjuk sambil mengatakan INI, maka jawabanya tetap Gunung Sumbing. Sama halnnya jika kamu menunjuk jari manis sambil mengatakan INI, jawabannya tetap yakni Gunung Sumbing.
  3. Begitu juga, ketika kamu menunjuk jari Telunjuk sambil mengatakan YANG INI? maka jawabannya adalah Gunung SIndoro. Menunjuk Jari Tengah dan Jari Manis pun, jawabannya tetap sama yaitu Gunung SIndoro jika pertanyaanya masih mengacu dengan kata YANG INI.
  4. Sama halnya dengan menunjuk sambil mengatakan KALAU YANG INI?
  5. 😂😂😂😂😂😂
  6. Gimana, kamu sendiri yang membaca ini mungkin juga akan ikut-ikutan kesal kan. Wkwkwkwkwk

Tujuan Permainan:


  • Peduli kepada lingkungan sekitar dan juga sesama (JIka orang lain peduli, maka dia akan mencoba memahami semua apa yang disampaikan oleh orang disekitarnya. Contoh simple saja ketika trainer mengatakan judul permainan ini, yakni DENGARKAN APA YANG SAYA KATAKAN, yang secara tidak langsung menyuruh kita menengarkan apa yang saya katakan, namun jika orang lain tersebut sejatinya tidak peduli, maka dia tidak akan memperdulikan keinginan tersebut, termasuk memperhatikan judulnya). Benar begitukan? 
  • Melatih Fokus dan juga Konsentrasi (masih soal judul, yang jika dinalar sebenarnya memiliki arti yang sangat sederhana. Namun semua itu tidak berarti apa-apa jika sejak awal tidak fokus dan konsentrasi ).
  • Belajar memahami pola kata yang disampaiakan (Dalam dunia bekerja, memahami apa yang disampaikan itu penting. Apalagi bagi seorang karyawan. Bisa membedakan setiap kata, akan membuat kamu lebih fokus dalam memahami sesuatu)
  • Jangan mudah terbawa emosi (😂 tenang, bukan kamu saja kok yang pertama kali emosi dengan permainan ini, saya juga sama. Tapi emosi itu hanya akan membuat kamu tampak bodoh. Semuanya itu butuh kepala dingin untuk menyelesaikan. Jika tidak terselesaikan walaupun sudah menggunakan kepala dingin, setidaknya kamu tidak emosi. Itu jauh lebih baik 😊)
***

Bagaimana permainannya. Cukup menghibur dan membuat kesal ya. Wkwkwkw. Selamat mencoba ya. Jika ada yang ditanyakan, boleh dong meninggalkan jejak dikolom komentar. 😁


0 Response to "Permainan - DENGARKAN APA YANG SAYA KATAKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel