Permainan - BENAR dan SALAH

Lebih ramai jika dilakukan dengan jumlah yang banyak. Selain ramai, juga akan membuat suasana lebih cair karena keterlibatan semua peseta.

Merupakan permainan untuk kelompok. Meskipun sebenarnya juga bisa untuk permainan individu, tapi itu bukanlah rekomendasi karena kurangnya interaksi antara peserta.

Permainan - BENAR dan SALAH

Tidak memerlukan perlengkapan atau peralatan khusus dalam permainan ini. Bahkan sama sekali tidak ada, karena permainan ini hampir sepenuhnya bergantung dengan interaksi peserta.

Sebelum itu, ini aku punya referensi permainan yang mungkin sedang kamu butuhkan;




Aturan Bermain 

  1. Trainer, adalah yang memberikan interuksi didepan para peserta. Pun bisa di mana saja selama suara intruksi masih terdengar jelas oleh para peserta,
  2. Permainan ini hanya cukup mendengarkan intruksi dari trainer yang mengucapkan kata BENAR dan SALAH, kemudian setelah itu para peserta baru mengerjakan perintahnya,
  3. Ketika Trainer teriak kata BENAR = peserta diminta melakukan sesuatu dengan benar,
  4. Ketika Trainer teriak kata SALAH = peserta diminta melakukan sesuatu dengan sengaja disalahkan,
  5. Seorang trainer bisa membuat rumus yang dia buat sendiri, dengan acuan kata-kata diatas.
  6. Contohnya PERINTAH Trainer seperti ini = Trainer terika BENAR - BENAR - SALAH, 
  7. Dari perintah pada nomor 6 diatas, maka para peserta diminta melakukan aktifitas dengan cara Benar - Benar - Sengaja Disalahkan,
  8. Pun, trainer bisa memodifikasi rumus tersebut seiring berjalannya waktu,
  9. Perintah Trainer mutlak, tidak bisa di ganggu gugat.

Cara Bermain

  1. Peserta diminta untuk membuat satu banjar kebelakang.
  2. Boleh berdiri, boleh juga dengan duduk. Tapi yang wajib dilakukan peserta adalah, semua pundak peserta dipegang oleh teman-temannya yang ada dibelakang. Jadi ya,,, sebisa mungkin dalam satu banjar tersebut adalah sejenis saja ya. 😂 biar tidak ada yang mengambil kesempatan gitu.
  3. Sebagaimana pada aturan bermain diatas, peserta diminta melakukan aktifitas sesuai perintah Instruktus.
  4. (Jika DUDUK) = peserta bisa memeringkan badan ke kanan dan ke kiri.
  5. (Jika BERDIRI) = peserta bisa meloncat ke kanan dan juga ke kiri.
  6. Sedangkan tugas instruktur sendiri adalah menyampaikan rumus terlebih dahulu seperti : BENAR - BENAR, atau SALAH - SALAH, atau juga SALAH - BENAR, dan seterusnya.Baru kemudian memberikan instruksi = KANAN!!, KANAN!! KIRI!! KIRI!!, Dst..

Mulai Permainan

Baiklah, mari kita mulai permainan ini dengan langsung mempraktekannya, jadi simak dengan baik-baik ya ;

  • BABAK PERTAMA -- (pengenalan)
  • Baiklah, permainan dimulai
  • Setelah semua peserta membentuk barisan kebelakang, dan masing-masing pundah berada di pundak teman didepannya, berarti semua peserta sudah siap untuk memainkan,
  • Lalu, instruktur akan memberikan rumus terlebih dahulu dengan berteriak dengan lantang agar semua peserta mendengarkannya.
  • Dalam contoh ini, peserta dalam keadaan berdiri.
  • Kemudian Instruktur memberikan rumus terlebih dahulu. Misal BENAR!! - BENAR!!
  • Peserta hanya diam, memperhatikan rumus instruktur.
  • Lalu Instruktur akan meneriakkan perintahnya. Misalnya = KANAN!!
  • Lalu Peserta HARUS meloncat ke kanan, karena rumusnya BENAR
  • Instruktur memberikan perintah lagi. Misalnya= KIRI!!
  • maka Peserta HARUS meloncat ke kiri, karena rumusnya BENAR
  • ***
  • BABAK KEDUA -- (perintah bervariasi)
  • Instruktur akan memberikan rumus seperti ini = BENAR!! - SALAH!!
  • Peserta hanya diam, memperhatikan rumus instruktur.
  • Lalu Instruktur akan meneriakkan perintahnya. Misalnya = KANAN!!
  • Lalu Peserta HARUS meloncat ke kanan, karena rumusnya BENAR
  • Kemudian Instruktur akan memberikan perintah lagi KIRI!!
  • maka Peserta HARUS meloncat ke kanan, karena rumusnya SALAH (lihat point terakhir dibabak pertama diatas, yang mana peserta mengikuti sesuai instruksi karena rumusnya benar, tapi dalam point ini karena rumusnya salah, maka perintah yang dilakukan adalah kebalikan dari perintah yang sebenarnya.
  • *** 
  • BABAK KETIGA -- (Perintah akan lebih sulit)
  • Dimana rumus dia kedua babak diatas terdiri atas dua rumus saja, maka babak ketika ini ditambah menjadi tiga rumus.
  • Ini akan lebih sulit karena peserta selain harus mengingat rumusnya. juga harus memperhatikan perintah instrukturnya.
  • Di babak ketiga ini lah suasana akan lebih ramai dan seru.
  • (contoh) Rumus yang bisa dipakai adalah;  BENAR = BENAR = SALAH
  • Instruktur akan memberi perintah; KANAN = KANAN = KANAN
  • maka yang harus dilakukan oleh peserta adalah; KANAN = KANAN = KIRI (karena dalam rumus diatas adalah perintah terakhir adalah salah, jadi peserta harus melaksanakan perintah sebaliknya).
  • ***
  • YANG PERLU DIINGAT didalam perintah babak ketika dengan rumus BENAR - BENAR - SALAH
  • satu perintah instruktur - satu aktifitas peserta
  • ketika instruktur memberi perintah KANAN, langsung diikuti oleh peserta dengan meloncat ke kanan
  • Lalu ketika instruktur memberi perintah KANAN, langsung diikuti oleh peserta dengan meloncat ke kanan
  • Kemudian ketika instruktur memberi perintah KANAN, langsung diikuti oleh peserta dengan meloncat ke kiri

Tujuan Permainan

  1. Melatih konsentrasi peserta
  2. Melatih untuk konsisten pada pilihannya - Tidak hanya ikut-ikut an meskipun tahu bahwa sebenarnya tahu itu salah (Contoh sederhana: peserta disetiap kelompok yang berada di belakang atau di tengah, kebanyakana akan mengikuti teman-temannya yang ada didepanya. meskipun dianya tahu rumusnya dan akan meloncatk kemana. Tapi karena takut disalahkan, atau orangnya nggak enakan, akhirnya ikut-ikut depannnya yang meloncat ke arah yang salah) Dalam konteks ini, ikut-ikutan bisa saja bukan karena takut disalahkan, tapi lebih ke solidaritas. Namun, solidaritas itupun juga tidak berarti kalau mengarah ke arah yang jelas salah

0 Response to "Permainan - BENAR dan SALAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel