Hukuman dalam Permainan Ice Breaking | UDPDATE!!

Sumber foto fajaralayyubi.wordpress.com

Didalam sebuah permainan, hasil yang akan kita peroleh di akhir pertandingan akan mendapatkan satu dari tiga kemungkinan ini, yakni SERI, MENANG dan KALAH.

Seri berarti hasil akhirnya seimbang, sehinggan si seri kemungkinan besar tidak akan mendapatkan apa-apa. Lalu si Menang akan mendapatkan Penghargaan, sedangkan Si Kalah akan mendapatkan Hukuman.

Hukuman inilah yang membuat sebuah permainan menjadi seru, sehingga setiap orang atau setiap kelompok akan berusaha sekeras mungkin untuk menghindari supaya tidak mendapat hukuman. Walaupun penghargaan juga kerap dijadikan motivasi untuk melakukan sesuatu dengan baik.



Hukuman dalam Permainan Ice Breaking

" 1. Berkatalah Dengan Jujur "

Hukuman ini, mungkin akan membuat sebagian orang akan membuat tidak nyaman, karena harus mengatakan kejujuran yang ia simpan selama ini. Persis seperti harapan sebuah hukuman pada umumnya.

Namun, hukuman berkata jujur ini, tidak serta-merta mengatakan semua dipertanyakan, sehingga terbuka aib yang seharusnya disimpan.

Penerapan Hukuman

  1. Penerima Hukum, adalah yang menjadi objek hukuman yang berdiri ditengah lingkaran peserta dengan menjawab semua pertanyaan pemberi hukum dengan menjawab dengan satu kata saja, misalnya : IYA, BENAR, TIDAK, SALAH, PAHAM, BELUM, dan lain-lain.
  2. Pemberi Hukum, adalah yang memberi pertanyaan apapun selama tidak bersifat personal dan pribadi. Namun, sepanjang apapun pertanyaan itu, jawabannya tetap satu kata dari penerima hukum, seperti yang sudah disampaikan pada point 1.
  3. Pertanyaan yang diberikan oleh pemberi hukuman, harus memiliki hubungan dengan komunitas, organisasi dimana mereka bernaung. Boleh memberikan pertanyaan lain selama ada kesepakatan bersama.
Jadi, dalam hukuman ini, tidak melulu penerima hukuman yang terintimidasi dengan pertanyaan yang diajukan. Tapi juga menjadi bahan pertimbangan dari pemberi hukuman dengan mengorek informasi dari si penerima hukuman dengan satu pertanyaan panjang tapi terbuka tabir dengan satu jawaban.

Filosofi dari hukuman " Berkatalah Dengan Jujur "

  1. Setiap perbuatan, selalu memiliki konsekuensi. (Default)
  2. Sebagai orang yang berada di posisi yang benar, bukan serta-merta menjadi orang berbuat seenaknya dengan memberi hukuman yang tanpa mempertimbangkannya
  3. Sebagai orang yang merasa bersalah pun, juga memiliki hak dalam keadilan dalam menyimpan informasi yang perlu dan yang tidak perlu diinformasikan.
===***===

" 2. Berkenalan"

Hukuman ini, sangat cocok sekali untuk kegiatan pengenalan dalam suatu komunitas mauapun sekolah. Biasanya disebut Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS.

Dengan membuat suatu permainan, sehingga nanti akan mendapati satu yang kalah. Dan yang kalah harus maju dan melakukan pengenalan.

Penerapan Hukuman 

Karena ini merupakan hukuman, jadi penerapannya juga berbeda dengan berkenalan pada umumnya. Yakni dengan cara seperti berikut:

  1. Peserta yang KALAH dari sebuah permainan diatas, DIWAJIBKAN untuk memilih SATU orang untuk diajaknya kedepan. Bisa sesama jensi, tapi agar hukuman lebih seru, bisa menunjuk lawan jenisnya.
  2. Hukuman ini adalah mewajibkan yang KALAH adalah orang yang mengenalkan diri, kepada orang yang telah di tunjuknya.
  3. Peserta yang KALAH tersebut, diwajibkan menyampaikan sedikitnya lima point tentang dirinya. Dan peserta yang telah di tunjuknya HARUS bisa mengenalnya dengan mengulangi apa yang telah disampaikan si KALAH.
  4. Jika peserta yang ditunjuk ternyata salah menyebutkan point yang disampaikan oleh si KALAH, maka si KALAH tetap berdiri disitu dan mencari peserta lainnya.
  5. Sedangkan orang yang ditunjuk tersebut, juga terkena hukuman dan diwajibkan menjalani hukuman seperti si KALAH. Namun jumlah point untuk mengenalkan dirinya, sesuai dengan jumlah point yang tidak dia ingat dari yang disampaikan oleh si KALAH.
  6. Begitu seterusnya, sampai si KALAH bisa memperkenalkan diri dengan baik, dan yang di TUNJUK pun juga dapat mengingat point yang di sampaikan oleh si KALAH.
===**===
" 3. 



0 Response to "Hukuman dalam Permainan Ice Breaking | UDPDATE!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel