4 PRINSIP DASAR BERTAHAN SAAT CUACA DINGIN DI GUNUNG

4 PRINSIP DASAR BERTAHAN SAAT CUACA DINGIN DI GUNUNG
Sumber Foto : phinemo.com

Sudah semestinya jika berada disuatu ketinggian tertentu, udara dingin langsung mendekap tubuh. Apalagi di gunung-gunung yang sudah seperti mall dan pasar yang selalu ramai di setiap weekend dan holiday.

Pendakian gunung,sudah seperti ajang tren masa kini yang tidak terlepas dari keberadaan para pemuda-pemudi yang sedang semangat-semangatnya.

Semakin maraknya pendakian gunung, baik dari dari event-event pendakian masal atau kemauan atas diri sendiri, seringkali mereka melupakan prosedur kesalamatan. Contoh simplenya adalah saat menghadapi cuaca dingin saat di gunung.



Dasar itulah, anbusenja ingin sekali menyajikan artikel yang mengulas hal tersebut agar bisa dijadikan satu dari sekian banyak acuan yang ada.
Ada 4 prinsip dasar yang bisa di ikuti, agar menjadi diri kita sendiri tetap hangat.  Menggunakan metode COLD

  • C = Clean (Keep Clothing Clean)
  • O = Overheating (Avoid Overheating )
  • L = Loose and in layer (Wear Clothes Loose and in layer)
  • D = Dry (Keep Clothing Dry)

4 Prinsip DasarBertahan di Cuaca Dingin


C = (Clear) - Keep Clothing Clean

Jaga agar pakaian tetaplah bersih. Penting dilakukan karena akan mempengaruhi kenyamanan kamu saat mendaki gunung. Umumnya saat melakukan perjalanan saat pendakian tapi, yang paling penting adalah pada saat kamu berisitirahat. Pastikan bahwa pakaian tetap bersih sebelum masuk ke dalam Sleeping Bag.

Selain dari sisi kenyamana, prinsip pertama ini juga sangat erat kaitannya dari sisi kehangatan, dimana hal tersebut adalah sesuatu yang perlu dijaga saat mendaki gunung.

Pakaian kusut, kumel dan juga kotor akan banyak kehilangan nilai insulasi dari pakaian yang dipakai oleh para pendaki. Panas yang dibutuhkan oleh tubuh bisa sangat mudah hilang melalui kotoran dan noda yang menempel dipakaian pendaki gunung yang ditimbulkan saat perjalanan.

Mungkin karena medan yang becek atau medan yang kering sehingga debu akan lebih banyak menempel di badan.

O = (Overheating) - Avoid overheating

Menghindari suatu panas secara berlebihan. Semisal adalah terlalu banyak mengeluarkan keringat, hal tersebut akan membuat pakaian menyerap kelembapan. Itu akan mempengaruhi kebutuhan tubuh para pendaki gunung, yaitu kehangatan.

Terus bergerak, memang dianjurkan saat berada suatu tempat dingin. Agar tubuh tetap menciptakan panas dari dalam tubuh. Namun sangat tidak dianjurkan jika hal tersebut terlalu berlebihan, selain alasan diatas pendaki gunung juga akan kehilangan banyak tenaga yang seharusnya bisa dipakai hal lain akhirnya akan terbuang secara cuma-cuma.

Padahal aktifitas lain yang membutuhkan banyak tenaga masih menunggu. Seperti Summit dan juga saat perjalanan turun.Dimana aktifitas tersebut juga membutuhkan banyak tenaga.

L = (Loose and layer) - Wear Clothes loose and in layer

Gunakan pakaian sedikit longgar dan juga berlapis. Mengenakan pakaian ketat akan membatasi sirkulasi darah dan dapat mengakibatkan cedera lain yang tidak akan diharapkan.

Karena, hal ini juga mengurangi volume udara yang terjebak antara lapisan. Mengurangi nilai isolasinya, padahal tersebut dibutuhkan oleh tubuh pendaki gunung.

Menggunakan beberapa lapis pakaian yang lebih tepis bisa menjadi lebih baik daripada satu lapis pakaian yang tebal. Karena, lapisan didalam pakaian memiliki ruang mati untuk udara.

Ruangan yang dimaksud disini adalah berfungsi untuk menyediakan isolasi ekstra, lapisan pakaian memungkinkan untuk mengambil atau menambahkan suhu untuk mencegah keringat berlebihan atau yang paling diharapkan adalah untuk meningkatkan kehangatan.

D = (Dry) - Keep Clothing Dry

Pada suhu dingin, selalu pastikan bahwa pakaian selalu dalam keadaan kering. Pakaian yang kering menjadikan tubuh kita hangat. Dan sekaligus  memberi banyak kenyamanan.

Setiap orang memiliki karakter tubuh yang berbeda-beda. Ada yang banyak melakukan aktifitas tapi dengan intensitas keringat yang keluar dalam jumlah sedang, ada juga yang sedikit melakukan aktifitas sedikit justru banyak mengeluarkan keringat.

Jika kamu adalah seseorang yang memiliki karakteristik tubuh pada opsi kedua, pastikan kamu selalu membawa pakaian cadangan yang bersih setiap kali melakukan pendakian. Ini dilakukan juga untuk menghindari kemungkinan gejala hypotermia yang sering disebabkan pakaian yang basah dalam kondisi yang dingin.

Seperti prinsip L (Loose and Layer) senantiasa lapisi dengan pakaian kering lainya atau lapisan jaket jika tubuh sudah mulai merasakan dingin.

lakukan dengan mempertimbangkan suhu dingin dan jenis lapisan pakaiannya.


Referensi artikel :

  • Instagram @Pendakilawas
  • Pengalaman Pribadi

0 Response to "4 PRINSIP DASAR BERTAHAN SAAT CUACA DINGIN DI GUNUNG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel