7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG

7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG

Kompor lapangan, adalah peralatan mendaki yang wajib ada dalam daftar peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Sudah tidak jaman lagi diatas gunung memasak menggunakan kayu bakar. Jika tidak dalam keadaan sangat terdesak.

Meskipun di beberapa gunung Indonesia masih bisa menemukan kayu untuk keperluan masak tapi dalam keadaan lembab dan basah. Akan membuang waktu untuk keperluan memasak. Apalagi jika dalam kondisi kemarau, membuat api unggun sangat beresiko terhadap kebakaran hutan.

Dengan adanya kompor lapangan, kegiatan memasak bisa lebih mudah dan praktis. Apalagi dengan berbagai desain yang banyak di tawarkan di pasaran.





8 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG

Berikut berbagai tipe dan jenis kompor yang saat ini yang sering dipakai oleh para penggiat alam untuk melakukan kegiatan mendaki gunung ataupun hanya sekedar camping ;
  • Multi-fule stove
  • Dual fuel-stove
  • Kerosene Stove
  • Butane Stove
  • Esbit Stove
  • Alcohol Stove
  • Mini Camping Stove

Dan ulasan dari masing-masing point diatas adalah sebagai berikut;

1. Multi-Fuel Stove

7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG
Sumber Foto: trailpsace.com 
Kompor ini merupakan jenis kompor yang bisa memakai berbagai bahan bakar berbentuk cair yang kebaradaannya sangat mudah didapat diberbagai tempat.

Bahan bakar cair yang contohnya saja;
  • bahan bakar kendaraan (Pertamina/pertalite/pertamax),
  • spirtus,
  • minyak tanah (kalau masih ada yang jual sih. hehehe),
  • alkohol,
  • dan dari beberapa forum yang saya baca juga ada yang pernah mengisi bahan bakarnya dengan bahan bakar gas.

Kompor jenis multi-fuel ini, memiliki kelebihan yang bisa kamu jadikan pertimbangan kalau ingin membeli peralatan keren jenis ini, yakni ;

  • dimensinya sangat fleksibel. Sehingga tidak memakan banyak tempat saat packing,
  • berat kompor yang sangat ringan
  • bahan bakar yang mudah di cari,
  • hemat biaya dalam jangka panjang, karena tidak terus menerus membeli tabung gas yang menjadi sampah,
  • botol fuel, didesain untuk penggunaan jangka panjang,
  • 7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG
    Sumber foto : www.belltent.co.uk
  • bisa menggunakan botol fuel yang lain, dengan syarat juga harus menyesuaikan adaptornya.
Sedangkan kekurangan dari jenis kompor ini adalah ;
  • Jika dalam keadaan tertentu terpaksa menggunakan bahan bakar gas, dalam keadaan sagat dingin gas akan mencari, sehingga saat digunakan tidak bisa maksimal.
  • Harganya cukup mahal. Kisaran Rp,500.000,- Tapi jika membicarakan waktu jangka panjang, mempertimbangkan untuk membeli kompor jenis ini adalah ide yang terbaik.
  • bagi yang malas bersih-bersih, kompor jenis tidak terlalu rekomended karena kompor jenis ini memiliki kemanjaan lebih ketimbang kompor lainnya,
  • jika penggunaan jangka panjang tanpa ada perawatan yang konsiste, jenis kompor ini sering mengalami kebocoran baik di selangnya ataupun bautnya yang sudah aus,
  • karena merupakan produk impor maka suku cadangnya akan sulit dicari jika terjadi masalah yang fatal.

2. Kerosene Stove


7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG
Sumber foto : Sumber foto : www.amazon.com

Baiklah, jenis kompor ini menurut saya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Karena sebelum adanya era kompor gas, jenis kompor inilah yang menguasi pasar perkomporan se Indonesia.

Saya yakin, sebagian besar kamu atau emak kamu pernah memiliki kompor legenda yang satu ini, selain kompor yang berbahan bakar kayu di rumah kamu.

Tapi dijaman dulu, dijaman bapak-bapak atau emak-emak kita masih memiliki darah muda yang inginnya berkelana, kompor ini pernah menjadi bagian dalam peralatan mendaki yang mereka bawa lho.

Entah bagaimana mereka membawanya, merupakan suatu kepuasan bagi mereka yang bisa menakluk dirinya sendiri untuk melakuakn kegiatan mendaki gunung.

Beruntunglah kita hidup dijaman dengan peralatan yang serba minimalis, efektif, dan ekonimis  seperti jaman sekarang ini.

4. Butane Stove

7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG
Sumber foto : www.campchef.com 
Kompor Butane merupakan kompor portable yang sudah tidak asing lagi bagi para pendaki gunung. Kompor jenis ini dilengkapi pematik api elektornik dan pelindung dari angin sehingga dalam kegiatan memasak di gunung kondisi api lebih stabil.

Hanya saja, kelemahan dari jenis kompor ini adalah dari segi dimensi yang tergolong bongsor. Boros tempat dari kurang fleksibel.

Dalam mendaki gunung, para pendaki yang membawa kompor jenis ini biasanya memang memiliki jumlah dari rombongannya yang banyak. Sehingga efektitifitas waktu yang dipakai saat memasak sangat dipertimbangkan. Akan tetapi, jika didalam rombongna hanya berjumlah beberapa saja, sepertinya tidak direkomendasikan.

Tapi akhirnya, akan kembali kepada selera dan kebiasaan. Heheh

Baca Juga :



5. Esbit Stove

7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG
Sumber foto : theepicenter.com
Atau lebih dikenal dengan kompor parafin. Kompor sepanjang jaman, karena dipakai oleh para penggiat alam dari yang paling senior sampai yunior seperti saya.

Kompor jenis ini, yang paling banyak digunakan oleh penggiat alam karena kelebihan-kelebihannya;
  • pemakaiannya yang sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya,
  • harganya sangatlah terjangkau sekali, Rp.50.000,- sudah termasuk bahan bakar utamanya, yaitu parafin
  • banyak di jual di toko adventure ataupun toko-toko lainnya,
  • ringkas, ringan dan kecil. Bisa diselipkan di ruang kosong saat packing,
  • bahan bakarnya bisa diganti dengan alcohol stove atau kompor alkohol dengan desain yang lebih kecil 

Dibalik kelebihan diatas, juga ada kekurangannya, yakni ;
  • Terbuat dari besi, sehingga jika tidak dirawat dengan baik akan berkarat,
  • berpotensi menjadi sampah karena alasan murah jika diketahui rusak dan membeli yang baru lagi,
  • pengapian yang kurang stabil karena angin dan bahan bakarnya, sehingga untuk kegiatan memasak akan sedikit membutuhkan waktu lebih lama,
  • Menggunakan bahan bakar utamanya yaitu parafin, terkadang juga mempengaruhi rasa masakan.

6. Alcohol Stove

7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG
Sumber Foto

Kompor Alkohol, atau kompor spirtus. Daripada menggunakan alkohol sebagai bahan bakar utamanya, para penggiat alam dari kelas menengah kebawah seperti saya saat ini lebih suka menggunakan bahan bakar spirtus. Karena tempat mencari bahan bakar jenis tersebut sangat mudah sekali.

Dewasa ini, bentuk dari kompor jenis ini sudah memiliki variasi yang sangat banyak. Mulai dari desain yang simpel serta minimalis seperti gambar diatas sampai dengan yang terlihat berkelas seperti gambar dibawah ini.

7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG
sumber gambar : www.walmart.com
Semunya kembali ke seleranya masing-masing sih. Karena pada dasarnya, penggunaannya sama. Yang membedakan adalah penggunaan jangka panjang, yang mana gambar bawah lebih menjanjikan dari gambar atas.

Alcohol Stove ini, juga bisa di pasangkan dengan kompor jenis esbit. Yang mana jenis esbit berbahan bakar parafin diganti dengan kompor spirtus ini menjadi tempat pembakaran di bawahnya.

7. Mini Camping Stove


7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG
Kompor Jenis ini adalah yang menurutku paling sering dipakai oleh pendaki gunung saat ini. Bahkan aku sendiri juga menggunakan jenis kompor satu ini.

Bisa dibilang jenis kompor ini adalah versi mini dari kompor butane yang sudah di ulas di atas. Dibekali dengan pematik api elektronik dan berbahan bakar gas kaleng.

Ringkas, ringan, perapiannya stabil dan yang paling penting adalah harganya yang sangat bersahabat. Jadi tidak heran jika kompor ini adalah kompor pilihan pendaki kelas menengan kebawah seperti saya ini.

***

Bagaimana, ada yang berencana untuk mengkoleksi semua kompor diatas. hehehe. Dan jika akhirnya bicara soal awet atau tidak, semuanya akan dikembalikan kepada pemilik kompor itu sendiri. Semahal apapun kompor jika tidak dirawat umurnya juga akan singkat. Tapi Semurah apapun kompornya bila dirawat dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan bertahan lebih lama dari kompor mahal.

Saya sendiri, memiliki kompor  dari jenis nomor 7. Seingatku aku pernah membeli tahun 2014 (kalau tidak malah 2013) dan sampai sekarang yaitu 2019 masih terawat dengan baik, tidak terdapat korosi, pematiknya nya lancar, dan penyelamat saya ketika sewaktu-waktu gas tabung di rumah habis 😁

0 Response to "7 JENIS KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel