5 JENIS TENDA UNTUK MENDAKI GUNUNG

5 JENIS TENDA UNTUK MENDAKI GUNUNG
sumber foto : www.firstascent.co.za

Tenda, adalah singgasananya para pendaki ketika diatas gunung. Tempat paling nyaman untuk melepas lelah setelah perjalanan panjang seharian. Rumah sementara yang melindungi pendaki dari bahaya angin gunung serta cuaca dingin yang basah.

Dewasa ini, memilih tenda bukan sesuatu hal yang sulit, mengingat pilihan tenda yang kian hari kian banyak dan beraneka ragam. Pun banyak toko-toko peralatan yang menjual perlengkapan yang satu ini.

Cara mendirikannya nya juga sudah semakin mudah dengan teknologi sekarang ini. Tapi tetap harus mempertimbangkan segala sesuatunya agar tenda tetap awet.

Dari kemudahan itu, terkadang pendaki terbuai sehingga melupakan hal penting. Melupakan pengetahuan tentang tenda yang ia bawa dan ia bangun diatas gunung.

Jaman ini, tenda yang baik memiliki prinsip pelapisan yang terdiri dari dua unsur, yakni
  • Bagian dalam, yang bisa bernafas dan terbuat dari bahan non waterproof
  • Bagian luar, atau biasa disebut flysheet dan tentunuya terbuat dari bahan tahan air atau waterproof



Kunci terpenting yang harus dimiliki oleh tenda, agar memenuhi syarat untuk bisa dipakai dengan aman dan nyaman adalah sebagai berikut;
  • Mudah dalam mendirikan.
  • Rangka yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan dari tekanan angin,
  • Flysheet, atau layer bagian luar yang tahan air dan tahan UV
  • Dinding bagian dalam yang tidak dilapisi lapisan anti air
  • Memiliki ruang yang cukup, sebanding dengn rasio beratnya
  • Miliki lapisan antiserangga di pintunya
  • Mempunya beranda yang cukup
  • Memiliki ventilasi yang baik
  • Struktur tenda yang tidak tinggi agar lebih tahan saat terkenan tekana angin
  • dan jahitan yang dilapisi sema saled.

5 Jenis Tenda Untuk Mendaki Gunung

Saat ini ada banyak sekali tipe tenda dengan desain-desain yang menarik dan menggoda. Jika melihat desain tenda maka ada beberapa jenis yang harus kamu tahu, yakni ;
  • Tenda Ridge
  • Tenda Tunnel
  • Tenda Single Hoop
  • Tenda Cross Over Pole Dome
  • Tenda Geodesic Dome

1. Tenda Ridge

Bisa dibilang, Tenda Ridge atau di Indonesia banyak mengenalnya dengan Tenda A merupakan tenda yang paling sering digunakan untuk berkegiatan di alam sebelum ditemukannya komponen rangka tenda yang fleksibel seperti yang lazim digunakan saat ini. Bahkan dalam pendakian gunung sekalipun.

Tenda tipe ini, umumnya memiliki dua tiang penyangga dimana masing-masing tiang memiliki tinggi yang sama, dan bergantung dengan tali rentangan yang direntangkan dari kedua tiang agar bisa berdiri.
5 Jenis Tenda Untuk Mendaki Gunung
Sumber Gambar
Pengembangan dari tenda ini, yang sebelumnya membutuhkan tiang yang terdiri dari dua buah, bisa menjadi lima. Dengan dua batang, masing-masing di pakai untuk membuat pintu yang berbentuk "A" di kedua sisi, sedangkan satunya untuk menghubungkan tiang yang berbentuk A tersebut.

Di Indonesia, tenda jenis ini biasanya sering dipakai untuk kegiatan kepramukaan seperti kemah jambore atau kemah dalam kegiatan sekolah.

Seiring berkembangnya jaman, tenda jenis ini mulai tergantikan dengan tenda-tenda yang lebih fleksibel, kuat dan juga nyaman.

***
Baca Juga :
***

2. Tenda Tunnel

Dewasa ini, perkembangan dari tenda tunnel terus mengikuti perkembangan jaman. Sebelumnya mengandalkan pasak dan tali pengencang dengan dua atau tiga tiang sebagai penyangganya, sekarang hal tersebut sudah jarang sekali ditemui dengan ditemukannya frame sebagai tulang agar tenda bisa berdiri.

Ciri khas dari jenis tenda tunnel adalah menyerupai terowongan kecil. Dengan ruang didalam tenda yang lebih luas.

5 Jenis Tenda Untuk Mendaki Gunung


Direkomendasikan saat melakukan pendakian dalam jumlah rombongan yang banyak, sehinggan bisa menampung semua anggota rombongan tanpa mengurangi space atau tempat untuk pendaki lain yang ingin mendirikan tenda.

Fleksibilitas dari jenis tenda ini pun juga sangat mendukung, terlebih ketika beraktifitas didalam tenda dengan lebih leluasa. 

Sekarang, sudah banyak brand yang mengeluarkan jenis tenda ini. Meskipun dengan harga yang tidak murah juga.

3. Tenda Single Hoop

Dalam bahasa inggris, single hoop berarti satu lingkaran karena jenis tenda yang biasanya hanya membutuhkan satu rangka atau non-standing yang melengkung ditengah. Umumnya hanya berkapasitas satu orang saja, termasuk peralatan mendaki yang bisa dimasukan ke dalam tenda.

5 Jenis Tenda Untuk Mendaki Gunung
Sumber Foto :  sukelluskouluaalto.fi
Kelebihan tenda jenis ini adalah dari segi space yang dipakai saat melakukan packing yang lebih kecil dan tentunya jauh lebih ringan, selain itu juga sangat mudah saat mencari tempat untuk mendirikan tenda di camp area yang ramai.

Tapi kekurangannya adalah fleksibilitas didalam tenda sangat kurang dan cenderung sempit. Tidak bisa banyak bergerak.

4. Tenda Cross Over Pole Dome

5 Jenis Tenda Untuk Mendaki Gunung
Sumber Foto :  (harga.info)
Atau kitanya lebih enak menyebutnya "tenda dome berangka silang". Tenda jenis ini sangat banyak dipakai oleh penggiat alam bebas. Selain mudah dalam mendirikannya pun juga free standing.

Lazimnya terdiri atas dua frame yang berfungsi untuk mendirikan tenda. Tapi sekarang sudah banyak yang terdiri atas tiga frame yang digunakan untuk teras dari tenda itu sendiri.

Yang membedakan tenda dome  untuk camping  dan pendakian adalah ketinggiannya. 

Tenda dome untuk camping biasanya memiliki kontruksi lebih tinggi, sedangkan tenda dome untuk mendaki gunung cenderung lebih rendah agar menjaga stabilitas terhadap angin yang menerpa saat berada di ketinggian.

5 Jenis Tenda Untuk Mendaki Gunung
Tenda dengan 2 Frame
 Untuk harga dari jenis tenda ini, dipasaran Indonesia masih tergolong terjangkau dengan harga yang masih di bawah 1 Juta an. Pun juga mengikuti model dan kualitasnya sih. Semakin mahal, apalagi dengan merk yang sudah terkenal, mungkin harus merogoh kocel sedikit lebih dalam. 😁

5. Tenda Geodesic Dome



5 Jenis Tenda Untuk Mendaki Gunung

Tenda jenis ini adalah jenis tenda yang secara struktural jauh lebih kuat dari jenis-jenis tenda yang sudah dibahas diatas. Karena didesain untuk bisa bertahan dan stabil saat diterpa angin dan cuaca yang ekstrim. Biasanya dipakai untuk pendakian gunung dengan ketinggian diatas 5000mdpl dimana cuaca dan angin adalah penghalang terberat.

Tenda dari jenis ini sangat jarang ditemui di gunung-gunung Indonesia. Karena harganya yang tidak sesuai dengan budget kebanyakan pendaki di Indonesia. Sekalipun ada, biasanya hanya ditemukan dengan jumlah yang sangat sedikit, dan biasanya hanya dimiliki oleh pendaki gunung Indonesia kelas wahid.

Mempunyai empat rangka, dua rangkan diletakkan saling menghimpit satu sama lain. Hal tersebut agar kuat menahan tekanaan angin.

Meskipun banyak komponennya, seiring berjalan waktu jenis tenda sudah banyak mengalami perubahan. Salah satunya membuat komponen dan bahan yang dipakai tetap kokoh dan kuat tapi ringan.

***

Saya, pernah merasakan tidur di point 1, 2 dan 3 saja. Sisanya belum. Kalau kamu? 😊

0 Response to "5 JENIS TENDA UNTUK MENDAKI GUNUNG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel