4 JENIS SEPATU BOOT UNTUK MENDAKI GUNUNG

4 Jenis Sepatu Boot Untuk Mendaki Gunung

Sepatu yang memenuhi syarat adalah suatu keharusan saat melakukan kegiatan di alam bebas. Pun termasuk mendaki gunung. Sepatu jenis boot adalah yang jenis sepatu yang paling direkomendasikan. Karena memiliki tekstur dan komponen pembuatan yang kuat, sehingga bisa melindungi salah satu aset penting, yakni kaki.

Pemilihan sepatu boot sendiri, biasanya menyesuaikan dengan kondisi medan yang akan ditempuh, berat yang dibawa, serta cuaca. Yah, walaupun unsur selera yang mempengaruhi sih.

Umumnya, orang lebih menyukai jenis sepatu boot yang ringan. Meskipun sebagian yang lain juga ada yang menyukia untuk jenis yang lebih berat. Selera orang mah beda ya.

Nah, berikut jenis-jenis sepatu boot yang perlu kamu ketahui;

1. Trail Boots atau Light Hiker

4 Jenis Sepatu Boot



Adalah jenis sepatu yang cenderung fleksibel dan juga ringan. Umumnya terbuat dari campuran bahan fabric (bahan campuran yang dipakai untuk pembuatan ransel).

Jenis sepatu ini, sangat cocok untuk day Trips atau perjalanan singkat dengan ransel dengan beban yang ringan.

Boot jenis ini juga jenis boot yang umum di pakai di Indonesia. Baik untuk kegiatan untuk berkegiatan alam seperti mendaki gunung atau hanya sekedar camping, serta dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti dipakai untuk bekerja, backpackeran, atau sekolah dan kuliah.

Harganya pun juga masih lazim. Bahkan dengan Rp.200.000,- sudah dapat jenis boot ini. Tapi jika membeli di toko resmi, apalagi dengan merk yang sudah terkenal juga mempengaruhi harga yang diberikan.\

Yang penting, sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan kantong masing-masing ya.

Seingatku, aku pernah membeli jenis boot ini dengan merk SNTA dengan harga saat itu Rp.195.000,- harga promo. 😁. Sepatu yang murah tapi tidak murahan juga. Ringan juga. Tapi sayangnya sepatu tersebut sudah aku hibahkan ke Saudara laki-lakiku yang sepertinya ingin mengikuti jejak abangnya ini. 😂

2. Off Trail Boots

4 Jenis Sepatu Boot
Sepatu Trail

Boots jenis ini biasanya terbuat dari kulit atau semi kulit. Mempunyai hak dam ankle support di bagian atasnya. Jenis ini sangat cocok dipakai untuk kegiatan yang menghabiskan waktu berhari-hari. Atau kondisi medan dengan grade menengah keatas. Serta dengan beban ransel yang lebih berat dari jenis boot diatas

Juga jenis boot yang masih lazim ditemui di berbagai kegiatan dialam bebas. Khususnya mendaki gunung.

Dengan melihat medan gunung yang ada di Indonesia saat ini, jenis boot ini sudah cukup rekomended untuk menemani berkegiatan mendaki gunung. Sudah cukup aman untuk melindungi kaki dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Dewasa ini, produk-produk yang menjual jenis boot ini juga sudah ramai di pasaran. Mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Pun juga ada yang mulai dari yang KW sampai dengan ORIGINAL.

Aku sendiri, pernah membeli jenis boot ini tahun 2016 lalu. Merk Consina. Sampai dengan hari ini masih aku pakai dalam kegiatan sehari-hari maupun saat melakukan pendakian gunung.

Cenderung ringan tapi kuat. Dan yang paling penting adalah hangat saat melakukan perjalanan malam di gunung, Summit misalnya.

3. Rough Trail

4 Jenis Sepatu Boot
Sepatu Rough Trail
Terbuat dari kulit hampir keseluruhan. Sedikit lebih tinggi dari jenis off Trail Boots dn mempunya ankle support yang jauh lebih kokoh dan kuat serta solnya jauh lebih agresif dengan kembang soleyang cukup tajam.

Jenis boots ini sangat cocok untuk perjalanan panjang dengan beban ransel besar dan dengan medan yang jauh lebih berat.

Seperti halnya Trail Boots, jenis boots ini juga masih menjadi favorit para pendaki. Hanya saja, pemakai jenis boot ini tidak sebanyak jenis boot trail boots karena ukurannya yang sedikit mencolok.

Kebanyakan pemakai dari jenis boot ini adalah para pekerja tambang, aparat penegak, dll.

4. Double Boots

4 Jenis Sepatu Boot
Double Boots
atau Mountainering Boots. Lapisan terluar dari jenis boot ini biasanya terbuat dari plastik. Dan boots yang berada dilapisan didalamnya. Jenis boot ini memiliki sol dengan kembang yang agresif serta centelah crampon. 

Jenis boot yang diperuntukan untuk kegiatan alam yang ekstrem. Contohnya dalam medan bersalju.

Di Indonesia, mungkin hampir tidak akan pernah dijumpai pendaki yang memakai boot jenis ini selain pendaki yang mendaki gunung Jaya Wijaya di Indonesia Timur. Hehehe

***

Itu dia jenis-jenis boot yang bisa kamu jadikan dasar pengetahuanmu sebelum memutuskan untuk membeli sepatu boots.

Sejauh ini, aku sudah pernah membeli dan memakai tiga dari empat jenis boot diatas. Satu diantaranya  masih aku pakai sampai sekarang. Kalau kamu, yang mana aja? 😊

0 Response to "4 JENIS SEPATU BOOT UNTUK MENDAKI GUNUNG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel