TIPE PENDAKI MENURUT KARAKTERNYA

TIPE PENDAKI MENURUT KARAKTERNYA


Setelah mengulas beberapa artikel soal pendakian. Tiba-tiba kok kepikiran ya pengen membahas tentang tipe-tipe pendaki yang berseliweran pas di gunung ya. Hahaha... Unik aja lho.

Nah, kamu yang udah sering melakukan pendakian, sudah seberapa sering kamu mendapati jenis-jenis seperti mereka. Atau jangan-jangan kamu salah satu dari mereka? 😏


* TIPE PENDAKI MENURUT KARAKTERNYA *






1. TIPE PENDAKI PEMULA

TIPE PENDAKI MENURUT KARAKTERNYA

Pendaki pemula merupakan pendaki yang paling rempong. Karena biasanya peralatan yang dibutuhkan malah tertinggal, dan peralatan yang sama sekali tidak diperlukan malah dibawa.


Untuk kamu yang mau mengajak tipe pendaki ini, saranku sih untuk terus dipantau. Mulai dari menyiapkan peralatan sampai kebutuhannya.


Ibarat anak bayi yang tidak tahu samasekali tentang mendaki gunung.


Pendaki pemula, merupakan awal mula menjadi tipe-tipe pendaki setelahnya. Seperti pepatah yang pernah aku dengar dari seseorang "Semua orang, PASTI pernah melakukan sesuatu yang pertama". Dan ini sangat berlaku sekali pada tipe pendaki satu ini.


Tipe Pendaki Pemula biasanya juga pendaki yang sudah merasa sok paling tahu tentang mendaki gunung, ketika baru sekali mendaki gunung.

Aku mengatakan seperti itu, karena aku sendiri pernah seperti itu. 


Hahaha.


Baru sekali mendaki Gunung Blego di Parang - Magetan. Sudah serasa paling keren sendiri waktu itu. Wajar saja sih, karena saat itu aku masih bocah sih.


Kamu juga begitu kah kawan-kawan?

2. TIPE PENDAKI PEMIMPIN

TIPE PENDAKI MENURUT KARAKTERNYA
Gunung Lawu - 2017
Tipe yang memliki pengalaman dan jam terbang diatas tipe pendaki pemula.  Memiliki perencanaan yang matang seiring bertambah jam terbangnya, mulai dari perencanaan peralatan, logsitik, sampai perencanaa perjalanan. Bahkan ada yang juga sudah ahli dalam PPGD.

Biasanya, tipe ini yang paling sibuk didalam tim. Meskipun waktu pendakian masih lama. Dengan mempertimbangkan dan merencakan banyak hal, seperti ;
  • Peralatan apa saja yang dibutuhkan oleh tim,
  • Mencarikan pinjaman peralatan untuk anggota tim yang belum punya,
  • Mengkoordinir siapa yang akan ikut,
  • Mengatur pengadaan logistik,
  • Mencari jalur dengan menyesuaikan tingkat pengalaman anggota,
  • Mengatur perjalanan dari rumah, sampai balik ke rumah lagi.
  • dll
Tipe pendaki ini masih cukup eksis, dan yang paling sering dimintai tolong untuk mengantarkan kawan-kawannya secara sukarela.

3. TIPE PENDAKI SUHU

Ini adalah tipe pendaki kelanjutan dari tipe pendaki leader diatas. Sudah pensiun menjadi pendaki leader yang memimpin segala agenda kegiatan dalam suatu komunitas.

Berbeda dengan point dua diatas. Tipe ini lebih selektif saat dimintai tolong. Bukan karena pelit ilmu atau sombong, hanya saja tidak mau disusahkan oleh pernak-pernik masalah yang sering terjadi di pendakian dengan jumlah tertentu.

Biasanya, tipe pendaki ini sudah menemukan esensi dari sebuah pendakian. Tidak segan-segan memarahi pendaki yang secara sengaja maupun tidak sengaja merusak alam, Seperti merusakan tumbuhan, merusak jalur pendakian, atau membuang sampah sembarangan.


4. TIPE PENDAKI KOKI

TIPE PENDAKI MENURUT KARAKTERNYA
Gunung Ungaran - 2017

Tipe pendaki koki ini adalah tipe pendaki yang diagung-agungkan di dalam kelompok. Kesejahteraan tim ketika sudah berada di atas gunung berada di tangan tipe pendaki ini. Hahaha.

Juga yang membantu pendaki leader untuk ikut mengatur menejemen logistik tim agar bisa merata. Baik untuk seluruh tim ataupun selama waktu pendakian berlangung.


Dalam tipe ini, ada dua jenis pendaki koki yang bisa diandalkan.



Pendaki Koki Beneran

Karena tipe ini emang udah punya basic masak sejak awal. Jadi untuk kemampun memasaknya tak diragukan lagi. Lazimnya sih cewek kali ya, tapi ada juga lho yang cowok. Bahkan tampak lebih keren. Ampuh gag tuh.

Pendaki Koki Dadakan

Pendaki Koki Dadakan yang kemampuan memasaknya tiba-tiba saja muncul begitu saja saat para tim sudah mulai kelaparan. Meraung-raung meminta makanan. Wkwkwkw. Pengetahuannya memasaknya memang meragukan, tapi lebih baik dari kelaparan. 


    5. TIPE PENDAKI PROYEKAN

    TIPE PENDAKI MENURUT KARAKTERNYA

    Tipe pendaki yang produktif nih. Mendaki gunung yang justru dibayarin sama banyak orang. Hahaha....  Tipe pendaki inilah yang sering open trip dan ngasih pengumuman di media sosialnya. Tujuannya adalah mereka yang belum berpengalaman, baik secara menajemen maupun jam terbang yang masih rendah.

    Ada beberapa kategori yang biasanya di berikan oleh klien tipe pendaki proyekan ini. Mulai dari tingkat yang paling mudah, sampai dengan tingkat yang paling sulit. Serta Pilihan Gunung yang sudah umum didengar oleh pendaki pemula sekalipun.



    Pilihan Gunung Dengan Tingkat Kesulitan Rendah ke Tinggi

    • Gunung Prau
    • Gunung Merbabu
    • Gunung Semeru
    • Gunung Raung
    • Gunung Rinjani
    • Gunung Kerinci
    Tentunya, setiap gunung memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Tergantung fasilitas yang diberikan sih.

    Oh iya. Tipe Pendaki ini merupakan tipe pendaki yang sudah selevel Tipe Pendaki Suhu tapi memiliki cara pandang yang berbeda. Jika Pendaki Suhu lebih suka mendaki karena keinginannya sendiri, maka tipe pendaki ini melihat potensi yang lebih menghasilkan.

    6. TIPE PENDAKI HORE

    Tipe ini biasanya perusuh. Perusuh bukan dalam konotasi negatif (kadang juga ada sih perusuh yang benar-benar bikin rusuh.wkwkw). Perusuh yang biasanya memeriahkan dalam setiap acara pendakian.

    Segala tingkah lakunya, membuat perjalanan lebih meriah. Kadang Ngebanyol yang udah bawaan dari lahir, ada juga yang ngebanyol tapi jayus dan garing dan anehnya sebagian malah tertawa, dan yang bener perusuh beneran adalah saat sudah di camp area. Suka teriak-teriak gag jelas.

    7. TIPE PENDAKI BONEKA

    Nah, tipe pendaki ini yang mulai bermunculan belakangan ini. Cirinya adalah selalu ada boneka yang ditaruh di bagian belakang tas kerilnya.

    Sampai sekarang pun aku masih bingung lho. Buat apa sih tuh boneka, dan faedahnya apa lho. Biar bikin terlihat keren Enggak, yang adalah terlihat serampangan gag karuan.

    Mungkin tipe ini yang biasa disebut pendaki alay - se alay-alay nya.


    Tipe-tipe diatas sebenarnya sebagian dari banyak tipe-tipe yang mungkin lebih banyak lagi adanya dibumi nusantara. Tipe-tipe diatas adalah tipe yang umum ada di Jawa dan yang paling sering aku temui saat mendaki ke Gunung.

    Nah, dalam segi karakter ini kamu berada di bagian mana-Bro?

    0 Response to "TIPE PENDAKI MENURUT KARAKTERNYA"

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel