DAFTAR WAJIB ADA DALAM LOGISTIK PENDAKIANMU

DAFTAR WAJIB ADA DALAM LOGISTIK PENDAKIANMU

Makanan Penambah Tenaga sebagai cadangan tenaga saat melakukan pendakian, terkadang seringkali terlupakan. Bahkan admin sendiri juga pernah sesekali melupakan hal penting ini.

Ini bukan bahan makanan penambah tenaga seperti extrajoss, kukubima, atau minuman sebagai pendongkrak tenaga yang memiliki tingkat efek samping yang cukup membahayakan jika diterapkan sebagai acuan baku disetiap melakukan pendakian.




Tak jarang pula, Admin melihat beberapa bungkus yang berserakan di jalur-jalur pendakian. Sudah efek sampingnya yang buruk, cara penerapannya pun juga salah. Daripada harus merusakan gunung dan juga tubuh, maka ada baiknya kamu memahami bahan makanan penambah tenaga ini, selain tidak memiliki efek samping, juga membuat tubuhmu kian sehat.


1. Gula Merah (Gula Jawa)

Bahan Pangan Penambah Tenaga Saat Pendakian

Ini adalah point pertama yang sangat direkomendasikan oleh Anbusenja. Bentuknya kecil, sehingga kamu bisa menyelipkan di tempat kecil sekalipun.

Saat tubuh mulai terasa lemas dan area camp sebagai lokasi mendirikan tenda masih dirasa cukup jauh maka segeralah mengkonsumsi Gula Merah. Demi menghindari dan mengurangi potensi cidera di perjalanan. Selain membahayakan dirimu, juga akan membahayakan (merepotkan) rekan perjalananmu.

Gula Merah (Gula Jawa), memiliki kandungan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh para pendaki karena mampu memberikan asupan energi saat melakukan perjalanan mendaki. Makanya, selalu sertakan gula merah disetiap kamu melakukan pendakian.

oh iya.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, ada juga beberapa pendaki yang mencampurkannya dengan air. Biasaya sudah dipersiapkan saat masih dirumah dengan merebusnya.

2. Madu

Bahan Pangan Penambah Tenaga Saat Pendakian

Ketika mendaki, selalu aku sertakan madurasa yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan. Madu dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh karena memiliki kandungan antioksida yang cupup tinggi. 

Madu merupakan pilihan yang tepat selain gula merah di atas sebagai bekal perjalana mendaki gunung. Seperti halnya Gula merah, madu bisa membuatmu lebih bertenaga tanpa adanya efek samping. Justru malah akan membuat tubuhmu lebih sehat.

Anbusenja sendiri, selalu menyertakan madu sebagai bekal utama selain gula merah (karena gula merah memang sering terlupakan sih) saat melakukan pendakian/

3. Jahe

Bahan Pangan Penambah Tenaga Saat Pendakian
Bahan Pangan ini, tak pernah lupa dalam checklistku. Jahe wangi. Fungsi utama yang sering dipahami oleh sebagai besar pendaki adalah untuk menghangatkan tubuh. Dalam kondisi tertentu, paling pas untuk menikmati jahe adalah saat sudah berada didalam tenda yang berdiri di suatu camp area.

Akan tetapi, karena suatu keadaan, yang memaksa harus melakukan perjalanan malam hari, maka Jahe bisa menjadi alternatif utama agar perjalanan malam mu bisa terkondisikan.

Biasanya di campur dengan air dan Madu untuk meningkatkan stamina saat energi terkuras lebih cepat karena harus menahan dinginnya angin malam di pegunungan.

Tidak seperti dijaman orang tua kita yang apa-apa harus ditindak secara manual. Di jaman yang serba praktis seperti sekarang ini, keberadaan jahe pun juga lebih efektif. Banyak toko-toko yang bertebaran disepanjang jalan, menyediakan minuman jahe dalam bentuk sachet.

Dalam bentuk yang sangat minimalis, juga merupakan salah satu alternatif untuk mengkondisikan barang bawaanmu supaya tidak lebih berat lagi.

4. Kentang

Bahan Pangan Penambah Tenaga Saat Pendakian
Saat melakukan Pendakian Gunung, kentang juga memiliki peran penting di dalamnya. Sebagai pengganti nasi karena memiliki asupan karbohidrat yang cukup tinggi.

Termasuk dalam jenis sayuran. Jadi selain dimakan langsung, juga bisa dipakai untuk sayuran.

Cara pengolahannya juga  sangat gampang. Serta tidak membutuhkan banyak peralatan.

5. Pisang (Goreng)


Pisang, memiliki kandungan sama dengan nasi dan juga kentang. Sama-sama memiliki karbohidrat yang dibutuhkan pendaki saat sudah kehilangan banyak tenaga.

Untuk Buah pisang sendiri, tidak terlalu mempusingkan dalam hal membuang kulitnya. Tinggal di buang disembarang tempat, asal tidak buang di jalur pendakian. Biarkan sisanya alam yang menguraikannya.

***

Nah, itu dia bahan logistik yang seharusnya kamu masukan kedalam checklist mu. Sepele, tapi tak bisa diremehkan. Hehehe.

Jadi, apa sudah sesuikah logistikmu selama ini?

0 Response to "DAFTAR WAJIB ADA DALAM LOGISTIK PENDAKIANMU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel