KEBUN TEH NGLINGGO - KULONPROGO

KEBUN TEH NGLINGGO - Kulon Progo

Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo
PEMANDANGAN KOTA MAGELANG DARI KEBUN TEH NGLINGGO

Kebun Teh Nglinggo, secara geografis berada di jajaran Bukit Menoreh yang berada di wilayah Kabupaten Kulonprogo - Yogyakarta. 

Menurut banyak literasi tentang Kebun Teh Nglinggo ini, yang di antaranya tahun '90 mulai dilakukan pembibitan yang berada di ketinggan antara 900 s/d 1000 meter diatas permukaan laut. Pada tahun '91 oleh Dinas Perkebunan Kulonprogo ditanami teh lagi. Yang kemudian setelah itu, tahun 2004 diresmikan sebagai tempat wisata dan selanjutnya Kebun Teh Nglinggo ini dijadikan sebagai Ikon di desa tersebut.

Menurut cerita, ada beberapa prajurit dari Pangeran Diponegoro yang menyusun strategi perangnya disini. Yaitu Ki Linggo Manik, Ki Gagak Roban dan Ki Dalem Tanu. Untuk mengenang mereka, lalu dijadikan sebagai nama desa yang di ambil dari nama Ki Lingga Manik yang dianggapmya sebagai pemimpin, yang berada di ujung barat padukuhan Nglinggo yang akhirnya populer menjadi Kebun Teh Nglinggo.

AKSES

Jalur yang uhuy

Rute untuk menuju ke Kebun teh Nglinggo cukup asyik loh. Sedangkan untuk menuju kesini, silahkan buka google maps. Karena bagaimanapun juga, kalo dijelaskan disini, endingnya juga bakal buka maps. Bener gag tuh. hihihi

Tapi, yang pengen aku kasih tahu adalah jalurnya yang uhuy. Yaa, bisa dibilang nano-nano kali ya. Bervariasi banget lah.

Karena berada di perbukitan, tak lepas dari jalan tanjakan, namun setelah tanjakan, belokan, tiba-tiba langsung turunan. Ada yang setelah turun, langsung tanjakan, dan disambut belokan.

Meskipun begitu, bagi yang sudah sering keluar-masuk daerah seperti ini daerah lain, tentunya bakal menjadi pengalaman tersendiri. tapi yang masih kelas pemula disarankan untuk tetap hati-hati dan tetap fokus. Karena selain jalur seperti tadi, juga nuansa pedesaannya yang kadang bikin terlena.

Akomodasi

Bisa menggunakan kendaraan roda dua. Sebelum itu, tetap dijaga kondisi kendaraannya. Terlebih mesin, bahan bakar, serta rem kendaraan. Pastikan bekerja dengan normal.

Aku saja pakai kendaraan roda dua  2 tak FIz R Fullclute aja lancar jaya kok. Ketagihan malah. Heheh.

Jika memakai kendaraan roda empat, juga nggak ada salahnya, tapi disarankan yang udah berpengalaman ajah. karena, dibeberapa jalur nanti akan ada penyempitan jalan yang memaksa salah satu kendaraan yang sama-sama roda empat harus mengalah. Apalagi hal tersebut ditemui dijalanan menanjak.

Susah Sinyal

Untuk beberapa provider, memang sedikit susah buat ngedapatin sinyal disini. Jadi, yang sejak awal mengandalkan GPS, langsung gunuakan saat masih berada di jangkaun sinyal aja yes. Daripada kesasar. 

Kalau nggak gitu, gunakan aja GPS lokal alias Gunakan Penduduk Sekitar. Dijamin akurat deh. Selama gag ada yang berniat jahil sih Heheheh.. Asal jaga sopan santunnya aja yes.

LOKASI

Disambut oleh gerbang minimalis

Setelah mendekati lokasi. Setelah melewati persimpangan yang kalo ke kanan entah mengarah kemana, aku pilih lurus saja. Dari kejauhan juga sudah tampak gerbangnya yang sangat minimalis.

Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo
GERBANG SELAMAT DATANG
Setelah melewati gerbang ini, yang hanya berjarak beberapa meter saja, akan menemui pos retribusi. Setelah pos retribusi pun masih akan menemui jalur tanjakan. Namun itu adalah tanjakan terakhir (seingatku sih) sebelum memasuki area parkir.


(masih) disambut kabut

Sejak berangkat, emang langit udah tampak mendung. Tapi karena bingung mau ngapain ya akhirnya tetap aja berangkat. Jomblo mah bebas kan ya. Hehehe.

Eee,,, pas di perjalanan kok panas. Tapi saat memasuki area parkiran, ditutupi oleh kabut tipis. beruntungnya aku memakai jaket biasa aku pakai saat naik gunung.

Ya, tak heran juga sih kalo di sambut kabut, karena lokasinya memang berada di perbukitan kan. Udara nya juga sejuk segar. Udara khas pegunungan. Namun ada pemandangan lainnya yang bikin aku resah. Pemandangan para pengunjung yang lagi pacaran. Tidaaaaak.

Jalan kaki menuju lokasi.

Oh iya. dari parkiran motor sendiri, sebenarnya sudah berada di lokasi kebun Teh Nglinggo. Terlihat kok di beberapa tempat ada pohon-pohon teh. Tapi masih sedikti. Harus jalan kaki lagi untuk melihat kebun teh secara keseluruhan. 

Kurang lebih 15 menit jalan kaki melewwati tanjakan berkelok. Tiba di spot 0 KM. Dan disini, tiba-tiba aja kabut ngehilang. Hehehe.. serasa di persilahkan aja nih. hiihi


Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo
0KM Kebun Teh Nglinggo.

SPOT

Puncak kedua dulu

Merasa tak puas dengan pemandangan. Mungkin karena insting pendaki, aku merasa ada spot yang lebih baik dari ini. Jadi aku clingak clinguk sebentar. Dari pandangan ku teralihkan ke satu tempat.

Terlihat seperti puncak kecil disisi utara. Tanpa pikir panjang aku langsung menuju kesana. Melewati jalanan menurun. Tak pernah merasa khawatir akan tersesat. Padahal belum pernah kesini. Dan aku juga tipe orang yang pantang tanya sama orang kalo belum angkat-tangan. Hehehe.

Dan ternyata benar. Jalur yang aku lewati tadi memang mengarah ke puncak tadi. Hanya saja ada dua cabang disana. AKu ambil jalur kiri. Kemudian langsung menuju ke spot foto yang belakangan baru aku ketahui bahwa pemandangan itu langsung mengarah ke kota Magelang.

Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo
Spotr foto yang wajib di datangi saat kesini.

Pemandangan kota Magelang

Langit cerah berawan. Angin semilir. Sepi. Wah.. cocok karo regane ndog. Aku juga heran, kenapa ya tempat ini begitu sepi. Maksudku spot ini. Karena saat disini, aku hanya mendapati beberapa orang saja. Tak sampai berdesak-desak kan.

Kalau melihat lokasi nya sih. Memang tak ada tempat berteduh. Jadi kalo cuaca pas lagi panas, yang siap-siap aja seperti sedang berada di atas penggorengan. Tapi saat aku sampai disitu. Bener sih panas, tapi disertai angin semilir. Ditambah aku memakai topi dan berkaos lengan panjang. Jadi tak terlalu merasakan sengatan matahari.

Ya syukurin aja. sih.   SYUKURIIIN... yang gag bawa topi sama kaos lengan panjang. Wkwkwkw.... malah aku nikmati sendiri kan. Hahaha.

Pemandangannya juga terbilang oke kok. Langsung mengarah ke kota magelang.

Namun ada spot foto lagi yang lebih menarik. yang itu berada di belakang spot ini. Tapi untuk memangkas waktu, aku lebih memilih jalan pintas seperti yang terlihat di bawah ini.

Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo
Jalan Pintas

Puncak tertinggi

Jalan tadi, tampaknya sudah sangat jarang dilewati. Maksudku, jalan pintas yang ingin aku lewati ini. Karena treknya terkikis oleh aliran air karena hujan. Nyaris tak ada jejak kaki disana. Padahal beberapa hari terakhir belum hujan. Hanya mendung aja.

Aku berani ambil resiko. Meskipun kanan kiri adalah lerengan. Jujur. Horor lah cuy. Karena trek jalan pintas ini di dominasi sama kerikil. Tak bisa menjaga kesimbangan, jungkel sudah. Tapi aku sampai atas. Hehehe


Baca :


Sampai atas baru ngeh. Pantas aja kalau gag ada jejak kaki dijalurnya. Karena pas di atas memang dibuat pagar. Untuk mencegah pengunjung melewati jalur itu. Wwkkwkw.. dan pemandangannya dari spot kedua ini lebih ikonik.

Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo
Spot foto yang lebih iikonik.
Ada dua cewek pas aku berada di puncak ini. Hanya aku, dan dua cewek itu. Nggak ada yang lain. Sedikit ada keberanian saja, mungkiin bisa merubah status jombloku (mungkin). tapi akhirnya aku menyesal tak mengambil kesempatan itu. Dan penyesalan itu terbawa sampai pulang. wkwkwkw


Spot lain.

selain spot foto di puncak. Ada spot lain yang aksesnya lebih bersahabat. Tak harus bercapek-capek ria untuk menuju kesana. Lokasi berada sebelum plang 0KM. Jika plang berada di atas tanjakan berbelok, lokasi ini berada pas di belokan tersebut, kemudian belok kiri.

Sangat pas buat yang sedang membawa keluarga. Apalagi anak-anak. Meskipun juga butuh penjagaan yang ekstra, setidaknya resiko bisa di minimalisir disini. Pun  juga sama- sama mendapat pemandangan yang sama kok.

Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo


Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo

Selain itu, ada lagi spot yang lebih friendly bagi keluarga. Tapi harus menanjak. Melewati anak tangga yang cukup tinggi. tapi dengan tingkat keamanan yang cukup bagi anak-anak.

Daripada di spot puncak tadi. Spot ini lebih ramai. Banyak anak-anak dan ibu-ibu disini. Mungkin karena ya lebih datar dan lebih luas. Demi keamanan juga, para orang tua akan lebih memilih kesini untuk mengajak anak-anak nya berwisata.


Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo


Anbusenja - Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo

RETRIBUSI

Retribusi untuk menuju ke Kebun teh Nlinggo ini, bisa dikatakan sangat bersahabatt sekali ya. Seingatku, aku hanya membayar tak lebih dari Rp.10.000,-. itu sudah termasuk biaya masuk, asuransi, dan juga parkir motor yang dibayar terpisah.

Jika dibandingkan pemandangan yang didapat. Aku rasa itu masuk dalam kategori sangat murah. Hanya saja memang akses kendaraan kesini yang butuh kehati-hatian.

FASILITAS

AKu rasa cukup lengkap ya. Seperti ;
  1. WARUNG, yang menyediakan aneka jajanan dan juga makanan sepertii Bakso dan Mie Ayam.
  2. MUSHOLA, dan musholanya juga cukup terbuka. Yang berada di dekat di area parkiran.
  3. PARKIR KENDARAAN, meliputi parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Sangat luas.
  4. BANYAK SPOT FOTO, Ulasan di atas belum semua untuk spot foto yang aku maksud. Ada spot lain yang pada saat itu tidak aku datangi karena saat itu memang belum tahu. hehee

So, itulah sedikit gambaran tentang Kebun Teh Nglinggo Samigaluh - Kulonprogo. tetap jaga kondisi badan kendaraan kemanapun kalian pergi. Dan nikmati liburan kalian dengan maksimal.

Salam,






0 Response to "KEBUN TEH NGLINGGO - KULONPROGO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel